nusabali

Pohon Tua Timpa Piyasan Pura Batur Ibu di Munduktemu

  • www.nusabali.com-pohon-tua-timpa-piyasan-pura-batur-ibu-di-munduktemu

TABANAN, NusaBali
Sebuan bangunan Piyasan Pura Subak di Pura Batur Ibu, Banjar Anggasari Kaja, Desa Munduktemu, Kecamatan Pupuan, Tabanan, ditimpa pohon tua berdiamter 1,5 meter, Kamis (21/5) sore.

Timpaan pohon itu tak sampai menimbulkan ambruk Piyasan tersebut.  Perbekel Munduktemu I Gusti Made Arsana menjelaskan kejadian tersebut bermula dari di desa setempat dilanda hujan lebat disertai angin kencang. Pohon yang tumbang berdiameter 1,5 meter dengan tinggi sekitar 30 meter. “Jenis pohonnya ini saya tidak tahu, karena sudah berusia ratusan tahun,” ungkapnya, Jumat (22/5).

Jelas dia, tumbangnya pohon itu menimpa Palinggih Piyasan di Pura Ibu, namun tidak sampai ambruk. Kerusakan akibat timpaan terjadi pada pinggiran atap. Sehingga hanya perlu renovasi atau tidak dibangun total.

Kejadian bencana alam tersebut telah dilaporkan ke Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Tabanan, agar segera ditindaklanjuti dalam bentuk bantuan perbaikan.

Evakuasi pohon sudah dilakukan bersama dengan tim Jaga Baya Banjar Anggasari Kaja, kelian subak, dan prajuru adat.

Gusti Arsana menambahkan, selain dilaporkan via WhatsApp, Selasa (26/5), pihaknya juga akan bersurat ke BPBD Tabanan agar bisa segera mendapat bantuan renovasi. “Selasa depan, saya akan bersurat,” tandas Gusti Arsana.*des

loading...

Komentar