nusabali

Beli di Petani, STT di Silakarang Bagikan Sayur ke Warga

  • www.nusabali.com-beli-di-petani-stt-di-silakarang-bagikan-sayur-ke-warga

GIANYAR, NusaBali
Imbas Covid-19 terhadap sektor ekonomi membuat Sekaa Teruna-Teruni (STT) Sila Dharma, Banjar Silakarang, Desa Singapadu Kaler, Kecamatan Sukawati, Gianyar, tergerak untuk berkontribusi.

STT ini membeli sayur-mayur langsung dari petani, kemudian dibagi-bagikan kepada 380 KK warga banjar.  Pembagian sayur mayur dilakukan Kamis (21/5) sore secara door to door.  Ketua STT Sila Dharma, Silakarang, I Komang Juli Kesuma Atmaja,23, mengatakan tujuan pembagian sayur-mayur ini multifungsi. Antara lain, membantu petani dengan cara membeli hasil kebun berupa sayur hijau, sawi, kol, jepang dan kangkung. Memberikan bahan pangan sehat kepada warga, memupuk rasa gotong royong dan saling tolong menolong di kalangan generasi muda. Pemilihan sayur mayur pun ditetapkan untuk menjaga kesehatan warga. Dari pada memberikan bantuan berupa mie instan, yang tidak baik jika dikonsumsi setiap hari. STT juga berharap, warga sekitar mulai lebih sering mengkonsumsi sayur mayur untuk menjaga kesehatan. "Setelah pembagian sayur mayur ini, selanjutnya kami akan upayakan pembagian bibit sayur. Agar warga bisa menanam sendiri, panen sendiri," jelas Komang Juli.

Pembagian sayur mayur pun melengkapi bantuan sembako yang digelontor banjar setempat beberapa waktu lalu. Komang Juli mengaku, pembagian sayur kepada ratusan kepala keluarga di banjar setempat murni dari kas STT yang didapatkannya dari bazzar beberapa waktu lalu. Dengan demikian ia berharap apa yang disalurkannya itu dapat dimanfaatkan dengan baik. Ia berharap jangan melihat jumlahnya, melainkan apa yang telah dilakukan organisasi kepemudaan di banjar tersebut dengan krama setempat. “Untuk sayurnya kami beli di petani sayur langsung di wilayah Baturiti, Tabanan. Kami gunakan kas sebesar Rp 2,5 juta dapat sayuran sebanyak tiga pick up. Sayurnya juga beragam, ada sawi, kol, wortel, jepang, dan kangkung,” paparnya.

Untuk proses pembagiannya, Ketut Juli menjelaskan dibagikan secara door to door ke rumah warga. Kegiatan itu juga dilakukan oleh anggota Sekaa Teruna, sedangkan untuk warga mendapatkan sayur sebanyak satu tas kresek ukuran sedang yang diisi berbagai sayuran tersebut. Selain pembagian sayur, dia juga berencana akan membagikan bibit sayuran kembali. Dengan demikian warga bisa langsung belajar bertani dan memanennya. *nvi

loading...

Komentar