nusabali

Sarah Ayu Ditarget Berprestasi di Overall

  • www.nusabali.com-sarah-ayu-ditarget-berprestasi-di-overall

DENPASAR, NusaBali
Petembak andalan Bali dan Indonesia pada event internasional, Sarah Ayu Tamaela dibebani misi berbeda pada kejuaraan dunia tembak reaksi pada Desember 2021.

Setelah dibebani target naik podium kategori Divisi Open Wanita, kini petembak asal Badung itu diwajibkan berprestasi di kategori overall.  Target itu diberikan pelatih Wahyu Tamaela, karena event yang digelar International Practical Shooting Confederation (IPSC) diundur setahun. Dari awalnya pada 25 November hingga 5 Desember 2020, diundur setahun penuh akibat wabah Covid-19.

"Kalau tidak diberikan target berbeda di kelas lebih berat, jelas akan terlena. Makanya kami sengaja bebani target kategori overall. Kalau kategori open wanita, kami yakin dapat medali," ucap Wahyu Tamaela, Jumat (22/5).

Menuurut Wahyu Tamaela, hal itu untuk memotivasi anak didiknya agar terus meningkatkan prestasinya. Pertimbangannya, dari data prestasi selama ini, Sarah diyakini untuk kategori open wanita mampu meraih prestasi terbaik. Sebab, poin tembakannya menunjukkan demikian jika dibandingkan dengan petembak rival dari negara lainnya.

"Namun tantangan jelas lebih berat di overall. Sebab, akan melawan petembak reaksi dunia terbaik. Ini menantang sekali dan sangat sulit," tutur Wahyu Tamaela.

Pasalnya, kata Wahyu, melawan petembak putra jelas memiliki kemampuan fisik lebih bagus. Untuk itu, selain teknik menembak, fisik wajib mumpuni. Sedangkan bertandingnya khusus di wanita, Sarah diyakini lebih gampang meraih medali.

Menurutnya, hal ini harus lebih ditingkatkan lagi, sekaligus upaya mensiasati kejuaraan tembak reaksi yang diundur setahun penuh. Jadi, prestasi tidak boleh hanya stagnan.

"Sebelumnya sempat ada petembak reaksi wanita turun di overall, yakni juara di kategori open wanita Karla Blower, yang finis di peringkat 44 di kategori overall. Padahal dia, petembak juara dunia tiga kali berturut-turut di kategori open wanita," beber Wahyu Tamaela. Itu artinya, persaingan memang sangat kompetitif dan ekstrim sekali di overall. Sebab, menghadapi petembak laki-laki terbaik di kelasnya masing-masing. Dan, di overall itu petembak Sarah Ayu ditarget masuk hitungan 10 besar. Sehingga ada upaya luar biasa untuk mewujudkannya. Dan, dari catatan Sarah Ayu saat ikut lomba Austral Asia di Filipina tahun 2019 lalu dikategori overall, Sarah mampu finis di posisi 15 besar. Dengan demikian, masih ada peluang masuk 10 besar di overall kejuaraan tembak reaksi dunia. Apalagi waktunya dari sekarang sekitar 18 bulan lagi. *dek

loading...

Komentar