nusabali

Timnas U-19 Gelar TC Virtual

  • www.nusabali.com-timnas-u-19-gelar-tc-virtual

JAKARTA, NusaBali
Diam-diam, Timnas Indonesia U-19 sudah menggelar pemusatan latihan (TC) secara virtual. Bahkan TC tersebut sudah berlangsung selama enam hari, karena dimulai sejak 14 Mei lalu.

"Kami sudah memulainya sejak tanggal 14 Mei lalu. Ini sudah masuk hari keenam," ujar asisten pelatih Timnas U-19, Nova Arianto, Rabu (20/5). Skuat Garuda Muda diinstruksikan manajer pelatih Timnas, Shin Tae-yong untuk menggelar TC secara virtual. TC tersebut bahkan dipimpin langsung juru taktik asal Korea Selatan itu. TC virtual dilakukan karena hingga saat ini wabah virus corona masih melanda Indonesia.

Dalam TC tal langsung, kata Nova Arianto, pihaknya berfokus pada perbaikan fisik para pemain. Sebab, skuat Timnas U-19 sudah cukup lama tak berlatih dan bertanding bersama-sama. Mereka terakhir kali TC langsung pada pada 21 Januari hingga 1 Februari di Thailand.

Fisik pemain masih menjadi perhatian Shin Tae-yong. Pelatih asal Korea Selatan itu sangat memprioritaskan peningkatan fisik pemain Indonesia sejak pertama kali memulai tugasnya.

Sebab minimnya kegiatan pemain di tengah pandemi dianggap makin mengendurkan kondisi fisik. Itu terjadi lantaran dihentikannya kompetisi dalam negeri dan tertundanya pemusatan latihan Timnas Indonesia U-19.

"Kondisi fisik pemain sampai dengan saat ini masih bagus jika dilihat dari latihan. Tapi mereka terus kita akan pantau, dan untuk TC kali ini fokusnya masih sama seperti sebelumnya yaitu fisik pemain," kata Nova.

Selain itu, kata Nova, Shin juga mengatur asupan makanan para pemain sekaligus memberikan saran vitamin yang tepat agar recovery pemain bisa berjalan dengan lebih baik.

Lebih jauh dalam TC itu, sebatas pertemuan virtual antara pemain dan tim pelatih. Shin Tae-yong ingin memantau perkembangan pemain, mengingat semakin dekatnya Piala Asia U-19.

Adapun Piala Asia U-19 akan digelar pada 14-31 Oktober di Uzbekistan. Sejauh ini AFC belum berencana menunda gelaran dua tahunan itu. Bahkan jadwal drawing akan digelar di markas AFC, Kuala Lumpur, Malaysia, pada 18 Juni. Di hari yang sama juga dilakukan drawing Piala Asia U-16 2020. *

loading...

Komentar