nusabali

Dua Kali Swab PCR, Satpol PP Negatif

  • www.nusabali.com-dua-kali-swab-pcr-satpol-pp-negatif

AMLAPURA, NusaBali
Satu anggota Satpol PP Karangasem menjalani tes swab PCR (polymerase chain reaction) hingga dua kali. Hasil dua kali swab PCR anggota Satpol PP ini negatif.

Tes swab PCR menggunakan sampel cairan di saluran pernapasan. Sebelumnya, 171 anggota Satpol PP Karangasem menjalani rapid test di Kantor Satpol PP, Jalan Untung Surapati Amlapura, Senin (18/5). Hasil rapid test saat itu, satu anggota reaktif.

Koordinator Bidang Kesehatan Satgas Penanggulangan Covid-19 Karangasem, I Gusti Bagus Putra Pertama, mengatakan tes swab PCR pertama pada Selasa (19/5) dan tes swab PCR kedua, Rabu (20/5). Hasilnya keluar Kamis (21/5) sore. Setelah hasilnya negatif, dipastikan hasil rapid test reaktif sebelumnya tidak ada hubungannya dengan virus corona. Diduga satu anggota Satpol PP Karangasem reaktif karena kondisinya kurang fit. Saat menjalani rapid test.

Gusti Bagus Putra Pertama mengatakan, mobilitas anggota Satpol PP cukup tinggi. Mulai dari menjemput PMI (pekerja migran Indonesia), mengawasi, memantau, dan juga mengedukasi PMI yang menjalani karantina. Anggota Satpol PP juga aktif mendatangi pasar termasuk pasar Rakyat Desa Bebandem, Kecamatan Bebandem, untuk mengedukasi para pengunjung pasar. Sebelumnya dikabarkan ada salah satu pedagang kecambah positif Covid-19.

Akibat kondisi fisiknya menurun, sehingga berpengaruh terhadap imun tubuh. “Satu anggota Satpol PP dinyatakan reaktif berdasarkan rapid test tidak ada hubungannya dengan virus corona. Tidak ada yang perlu dikhawatirkan di internal Satpol PP,” tegasnya. Seluruh anggota Satpol PP dinilai penting menjalani rapid tes agar sejak dini diketahui kondisi kesehatannya. Begitu juga 259 anggota Polres Karangasem telah menjalani rapid test, semuanya negatif.

Gusti Bagus Pertama menyampaikan kabar gembira, satu dari 7 pasien terkonfirmasi positif Covid-19 dinyatakan sembuh. Sehingga tinggal 6 pasien positif Covid-19 yang masih menjalani perawatan. Satu pasien yang sembuh itu dari Kelurahan Padangkerta. “Sesuai yang ditargetkan Ibu Bupati Karangasem, akhir Mei, Karangasem bebas Covid-19. Tinggal menunggu kesembuhan 6 pasien yang tengah menjalani perawatan. Semoga tidak ada lagi penambahan pasien positif,” harapnya. *k16

loading...

Komentar