nusabali

Bhayangkari Hidupkan Dapur Umum

Berempati kepada Warga Terdampak Wabah Covid-19

  • www.nusabali.com-bhayangkari-hidupkan-dapur-umum

GIANYAR, NusaBali
Rumah anggota Bhayangkari Polres Gianyar Ny Sadia di Banjar Pasekan, Desa Batubulan, Kecamatan Sukawati, Gianyar, jadi dapur umum selama masa pandemi Covid-19.

Hampir setiap hari, dapur umum ini membuat takjil (sajian buka puasa) dan nasi jingo.  Makanan itu dibagikan kepada masyarakat secara cuma-cuma alias gratis. Oleh karena bertepatan dengan bulan puasa, pembagian takjil dan nasi bungkus sering dilakukan sore menjelang bujka puasa.

Pembagian makanan itu secara door to door oleh Polwan maupun anggota Bhayangkari. Seperti tampak Senin (18/5) petang, anggota Bhayangkari Polres Gianyar membagikan takjil dan nasi bungkus pada warga muslim di Masjid Nurul Hikmah, Lingkungan Pasdalem, Kelurahan Gianyar. Makanan itujuga dibagikan untuk personel Yonzipur 18/YKR, dan kaum muslim di Masjid Nurul Yaqin, Semabaung, Desa Bedulu, Kecamatan Blahbatuh,  beberapa saat menjelang berbuka puasa.

Ketua Bhayangkari Cabang Polres Gianyar Ny Ayu Dewa Adnyana mengatakan, bersamaan dengan pemberian takjil dan nasi bungkus, anggotanya juga menyampaikan imbauan secara humanis tentang  tetap menjaga kebersihan, memakai masker, dan tidak mudik Lebaran tahun ini. "Untuk menjamin kebersihan makanan yang disajikan, personel di dapur umum mengikuti protokol kesehatan sesuai dengan aturan yang berlaku mulai dari cuci tangan, memakai masker dan pemeriksaan suhu tubuh sebelum masuk ke lingkungan dapur. Di pintu masuk dapur juga disiapkan cuci tangan maupun hand sanitizer serta menerapkan jaga jarak," jelas Ny Ayu.

Sementara itu, Kapolres Gianyar AKBP I Dewa Made Adnyana menyampaikan Dapur Umum di rumah seorang anggota Bhayangkari berlaku sementara. Nantinya akan dibuat dapur umum khusus untuk peduli dan berbagi kepada sesama terdampak wabah Covid-19. "Selain ingin berbagi kepada sesama, dapur umum ini juga bermanfaat untuk memupuk kebajikan karena empati kepada masyarakat. Makanan ini dibagikan kepada Srikandi Polwan Polres Gianyar," ungkap Kapolres.

Menurut orang nomor satu di jajaran Polres Gianyar ini, meskipun ada kendala bahan baku untuk melanjutkan dapur ini, pihak relawan akan berusaha demi cintanya kepada sesama. "Kami berterimakasih kepada Ny Sadia, bersedia memberikan tempat untuk Dapur Umum, sehingga memudahkan kerja para relawan," katanya.

Dikatakan, Dapur Umum ini salah satu program pemerintah sesuai arahan Presiden RI Joko Widodo. Tujuannya, untuk saling membagi, apalagi di bulan suci Ramadhan. Kapolres mengimbau, jika ada lembaga - lembaga mau membantu meringankan beban ekonomi masyarakat dalam pencegahan Covid -19, harus sesuai dengan protap Satgas Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19. *nvi

loading...

Komentar