nusabali

Warga Tabanan Mulai Terima BST Dampak Covid-19

  • www.nusabali.com-warga-tabanan-mulai-terima-bst-dampak-covid-19

TABANAN, NusaBali
Bantuan sosial tunai (BST) yang dikucurkan pemerintah pusat di tengah pandemi Covid-19 untuk masyarakat Tabanan sudah mulai cair.

Total penerima BST di Tabanan mencapai 15.723 orang dari yang diusulkan 15.910 orang.  Kepala Dinas Sosial Tabanan I Nyoman Gede Gunawan menjelaskan BST untuk masyarakat Tabanan sudah mulai cair sejak Senin (18/5). Jumlah yang sudah cair baru sebagian. Rincianya melalui kantor pos sudah cair 211, Bank BNI 162, dan Bank BRI 473. “Belum seluruhnya cair, karena pencairan bertahap,” ungkap Gunawan, Selasa (19/5).

Dikatakannya, BST yang didapatkan masyarakat ini adalah bantuan dari pusat diperuntukkan bagi masyarakat yang terdampak virus Covid-19. “Jumlah yang didapat per orang Rp 600 ribu selama 3 bulan dari April, Mei, dan Juni,” imbuhnya.

Dia menjelaskan syarat mendapatkan BST tersebut adalah masyarakat yang masuk dalam DTKS (Data Terpadu Kementerian Sosial) atau non DTKS yang terdampak Covid-19. Pendataan sudah dilakukan untuk masyarakat Tabanan secara selektif.

Menurut Gede Gunawan, dari yang diusulkan 15.910 orang untuk mendapatkan BST, hanya lolos 15.723 orang. Hal itu karena terjadi permasalahan. Di antaranya ada masyarakat yang dobel mendapat bantuan pusat dan masalah kependudukan yang tidak sinkron. “Tapi dari jumlah yang didapat sebanyak 15.723 ini memang merupakan pagu dari pusat,” tuturnya.

Gede Gunawan berharap BST tersebut dapat dipergunakan dengan baik. Utamanya bagi masyarakat yang terdampak Covid-19. “Bagi yang belum dapat, sabar, karena pencairan secara bertahap,” tandasnya. *des

loading...

Komentar