nusabali

Cucu Somantri Mundur

Jangan Ada Pengurus PSSI di PT LIB

  • www.nusabali.com-cucu-somantri-mundur

Penentuan pengganti Cucu Somantri dan tiga komisaris yang mundur akan dilakukan dalam RUPS luar biasa berikutnya. Yang pasti setelah Lebaran.

JAKARTA, NusaBali

Direktur Utama PT Liga Indonesia Baru (LIB) Cucu Somantri dan tiga komisaris LIB resmi mengundurkan diri dari perusahaan operator kompetisi sepakbola di Indonesia itu. Ketiga komisaris itu, yakni Sonhadji (komisaris utama), Hasani Abdulgani dan Hakim Putratama

Keputusan mundur empat petinggi LIB itu disetujui para pemegang saham dalam rapat umum pemegang saham (RUPS) luar biasa LIB yang digelar secara virtual, Senin (18/5).

"Pada RUPSLB ini, Dirut LIB menyampaikan pengunduran dirinya dan seluruh peserta rapat menyetujuinya," ujar Juni Rachman, anggota Komite Eksekutif PSSI, sekaligus perwakilan PSSI dalam RUPS luar biasa LIB, di Jakarta, Senin (18/5).

Juni melanjutkan, penentuan pengganti Cucu Somantri dan tiga komisaris yang mundur akan dilakukan dalam RUPS luar biasa berikutnya. “Nanti akan kami sampaikan undangan RUPS luar biasa berikutnya. Yang pasti setelah Lebaran," kata Juni Rahman.

Sementara terkait jalannya RUPS luar biasa, Juni menyebutkan, di dalam pertemuan itu setiap direktur LIB menyampaikan pertanggungjawaban masing-masing. Yakni, Direktur Operasional Sudjarno, Direktur Keuangan Anthony Chandra Kartawiria dan Direktur Bisnis Rudy Kangdra.

"Pak Sudjarno, misalnya, memaparkan empat hal yaitu terkait prakompetisi, pelaksanaan kompetisi Liga 1 dan Liga 2, riset dan data manajemen serta rencana kelanjutan kompetisi pascastatus tanggap darurat BNPB. Begitu pula dua anggota direksi lain," kata Juni.

RUPS luar biasa PT LIB yang berlangsung pada Senin (18/5) secara virtual dihadiri seluruh klub Liga 1 sebagai pemegang saham LIB, direksi dan komisaris PT LIB serta perwakilan PSSI. Sedangkan Komisaris PT LIB yang tersisa terdiri dari Munafri Arifuddin, Ferry Paulus, dan Endri Erawan. Ketiganya adalah perwakilan dari klub Liga 1 dan Liga 2.

Sementara sebelumnya, Ketua Umum Persipura, Benhur Tommy Mano meminta agar pengurus PT LIB jangan lagi ada yang jadi pengurus di PSSI. Karena Cucu adalah Wakil Ketua Umum PSSI.

Hal sama juga merujuk kepada Ruddy Kangdra. Dia juga saat ini menjabat sebagai Direktur Bisnis PSSI.

"Kami sependapat dengan Madura United, lebih baik jangan dari PSSI, dan juga jangan yang terafiliasi dengan klub, agar terhindar dari kepentingan, tidak rangkap jabatan, kecuali posisi komisaris," ujar Benhur.

"Harus orang yang profesional, punya pengalaman menangani event sepakbola skala nasional, dan bila memungkinkan,yang pernah bekerja pada bidang yang sama. Itupun perlu kita minta komitmennya untuk transparan dalam hal keuangan," kata Benhur. *ant

Komentar