nusabali

Jam Operasional Pasar dan Toko Diperpanjang

  • www.nusabali.com-jam-operasional-pasar-dan-toko-diperpanjang

Sebelumnya operasional pasar di Tabanan pukul 11.00 – 15.00, kini 08.00 – 15.00 Wita. Jam operasional toko modern sebelumnya pukul 11.00 – 17.00 kini 10.00 – 22.00 Wita.

TABANAN, NusaBali

Pemerintah Kabupaten Tabanan memperpanjang jam operasional pasar tradisional dan toko modern. Kebijakan baru ini dibuat karena situasi Kabupaten Tabanan sudah dianggap membaik dan kasus transmisi lokal Covid-19, kecil. Selain itu, jam operasional diperpanjang untuk selamatkan ekonomi masyarakat.

Sebelumnya operasional pasar hanya dibuka 5 jam mulai dari pukul 11.00 – 15.00 Wita, kini sudah bisa dibuka mulai pukul 08.00 – 15.00 Wita. Begitu pun untuk jam operasional toko modern yang sebelumnya dibatasi dari pukul 11.00 – 17.00 Wita kini diberikan perpanjangan buka dari pukul 10.00 – 22.00 Wita.

Kebijakan tersebut diambil selain kondisi Tabanan sudah dianggap membaik juga membantu mengurangi PHK bagi pegawai toko modern. Dan kebijakan baru ini sudah resmi diberlakukan mulai Senin (18/5).

Bupati Tabanan Ni Putu Eka Wiryastuti, menjelaskan jam operasional pasar dan toko modern diperpanjang karena Tabanan dianggap kondisinya sudah membaik. Bahkan kasus transmisi lokal yang terjadi di Tabanan jumlahnya sedikit. “Tujuan utamanya adalah menyelamatkan perekonomian masyarakat,” tandas Bupati Eka, Senin kemarin.

Menurut Bupati Eka, kebijakan baru yang dibuat sudah dipikirkan secara matang. Lagi pula sesuai pantauan, masyarakat Tabanan sudah bisa menerapkan protap gugus tugas untuk tetap jaga jarak dan menerapkan pola hidup bersih dan sehat.

Ditegaskan Bupati Eka, kedisiplinan memang harus terus diterapkan jika ingin situasi benar-benar bisa kembali normal. “Instruksi ini tentunya sudah dipikirkan dengan sangat matang, melihat transmisi lokal di Tabanan ini kecil. Kita anggap suasana sudah membaik, (jam) buka (pasar dan toko) lebih diperpanjang, sehingga ekonomi masyarakat akan berjalan dengan baik,” tuturnya.

Meskipun jam operasional pasar diperpanjang, tempat jualan para pedagang khusus di Terminal Pesiapan dan Terminal Tuakilang tetap sesuai ketentuan. Strategi itu dibuat untuk mencegah kerumunan pembeli saat berbelanja. “Jadi pembeli dari arah utara bisa belanja kebutuhan pokok di Terminal Tuakilang. Pembeli dari selatan bisa berbelanja di Terminal Pesiapan,” tandas Bupati Eka.*des

loading...

Komentar