nusabali

Bupati Suwirta Serahkan BLT di Klungkung Daratan

  • www.nusabali.com-bupati-suwirta-serahkan-blt-di-klungkung-daratan

SEMARAPURA
Bupati Klungkung I Nyoman Suwirta kembali menyerahkan Bantuan Langsung Tunai (BLT) Non DTKS (Data Terpadu Kesejahteraan Sosial) di tiga Kecamatan Klungkung daratan, Senin, (18/5) pagi.

Bantuan dari anggaran Dana Desa itu diserahkan Bupati Suwirta di Desa Negari, Kecamatan Banjarangkan, Kampung Gelgel dan Desa Kamasan di Kecamatan Klunkung, Kampung Kusamba dan Desa Besan di Kecamatan Dawan.

BLT yang diserahkan secara simbolis Rp 600.000/KK kepada warga kurang mampu dan terdampak Covid-19. Bantuan tersebut diberikan selama tiga bulan yakni April, Mei dan Juni. Setelah Bupati Suwirta turun melihat kondisi di lapangan, ternyata masih ditemukan warga yang sakit maupun cacat fisik sama sekali belum mendapat bantuan. Apalagi mereka tidak bisa bekerja dengan keadaan seperti ini. "Melihat kondisi ini, maka untuk ke depannya saya sudah langsung tugaskan dinas terkait bersama perbekel agar benar-benar mendata warga yang belum tersentuh. Bantuan apapun tidak harus melalui kabupaten. Jadi nanti langsung ditangani oleh desa melalui dana alokasi desa,” terang Bupati Suwirta.

Bupati Suwirta menambahkan untuk ke depannya hak-hak warga yang berhak mendapatkan bantuan secara rutin akan diberikan. Termasuk juga anak-anak mereka yang seharusnya mendapatkan beasiswa akan diberikan. "KK miskin yang mempunyai anak, kami akan berdayakan. Sehingga dengan langkah-langkah ini nantinya mereka bisa lepas kemiskinan," ujar Bupati Suwirta. Diharapkan, bantuan dapat meringankan beban masyarakat terdampak Covid-19. Masyarakat agar selalu jaga pola hidup bersih dan sehat (PHBS) agar terhindar dari penyebaran wabah Covid-19.

Bupati Suwirta juga meninjau pendistribusian Kartu Keluarga Sejahtera (KKS) di Kantor Camat Dawan. KKS ini untuk masyarakat yang masuk Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS) di Kementerian Sosial sebagai warga miskin. Bantuan ini dapat dicairkan dalam bentuk sembako di masing-masing E-Warung di Klungkung yang ditunjuk Kemensos. Jumlah kartu yang dibagikan 520 untuk 12 desa di Kecamatan Dawan.

Data dari Dinas Sosial Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Klungkung, bantuan non DTKS (Data Terpadu Kesejahteraan Sosial) yang diserahkan melalui desa 3.803 KK penerima. Kartu Keluarga Sejahtera (KKS) pada pandemi Covid-19 ada tambahan 2.877 KK dan data reguler 7.619. Sehingga total penerima menjadi 10.496 KK.

Di tempat terpisah, Wabup Kasta meninjau pendistribusian KKS, di Wantilan Pura Agung Kentel Gumi, SD Negeri 2 Selat dan Kantor Dinas Sosial Klungkung. Dalam kunjungan tersebut Wabup Kasta melihat warga membludak. “Saya imbau agar masyarakat tetap jaga jarak dan menggunakan masker, serta tetap jaga kesehatan terlebih hujan dari kemarin,” harapnya. Wabup Kasta berpesan, melihat membeludaknya masyarakat dalam kegiatan seperti ini bisa dilakukan lebih dari sehari. *wan

Komentar