nusabali

Objek Wisata Pantai Lebih Disesaki Pengunjung

  • www.nusabali.com-objek-wisata-pantai-lebih-disesaki-pengunjung

Hari Umanis Galungan, Kamis (8/9), dimanfaatkan masyarakat Gianyar dan sekitranya untuk berekreasi khususnya ke pantai.

GIANYAR, NusaBali

Terlebih, Gianyar memiliki objek wisata cukup bervariasi. Antara lain, pantai, kawasan persawahan, wisata air terjun, hingga wisata spiritual.

Salah satu objek yang dipadati pengunjung yakni Pantai Lebih di Desa Lebih, Kecamatan/Kabupaten Gianyar. Pengunjung menyesaki kawasan pantai setempat. Hal itu tampak dari parkir kendaraan pengunjung hingga keluar dari areal parkir Pantai Lebih. Kendaraan parkir meluber ke Jalan Bypass Prof IB Mantra, 2 km ke arah barat dan 1 km ke arah timur.

Pantauan NusaBali Kamis (8/9), semakin sore pengunjung kian membeludak ke Pantai Lebih. Pantai ini terkenal sebagai salah satu pantai di Gianyar yang paling ramai pengunjung, terutama saat libur hari raya maupun libur nasional. Selain suasana pantainya segar dan menarik, biaya masuk bagi pengunjung tidak mahal. Pengunjung hanya dikenai biaya parkir. Warga pun bisa berlama-lama menikmati suasana pantai.

Membeludaknya kendaraan menjadikan para teruna Desa Lebih membagi-bagi diri untuk mengatur kendaraan pengunjung. Demi kelancaran arus lalu lintas, di Pantai Lebih, para petugas kepolisian pun lebih banyak disiagakan dibadingkan hari-hari biasa.

Selain polisi dari Satuan Lantas Polres Gianyar, ada pula anggota Sabhara dari jajaran Polres Gianyar yang memantau di areal pantai.

Kapolres Gianyar AKBP Waluya, saat dikonformasi terkait pengamanan di objek wisata serangkaian libur Hari Raya Galungan, menjelaskan anggota yang di lapangan lebih dioptimalkan. Ia mengakui, kawasan pantai lebih banyak disasar oleh masyarakat, dan tentu hal tersebut menjadi atensinya. "Objek wisata sekaligus tempat spiritual, seperti Tirta Empul juga ramai pengunjung" jelasnya.

Kata dia, pada Hari Umanis Galungan, kesempatan umat Hindu untuk melukat atau penyucian diri. Ketika liburan, objek wisata menjadi atensi dari pihak keamanan. Hingga malam hari, Pantai Lebih masih ramai pengunjung lokal. Tak hanya karena pantainya, di Pantai Lebih juga ada banyak warung kuliner di pinggir areal parkir, dan menarik minat pengunjung.

Tak hanya pantai, Pasar Sengol Gianyar juga tak kalah ramai pengunjung karena Umanis Galungan. Guna menjaga keamaan dan pengaturan lalu lintas  di jalur utama itu, personel kepolisian yang berjaga pun lebih banyak dari biasanya. * cr62

Komentar