nusabali

PDDS Tabanan Kebanjiran Pesanan Face Shield

  • www.nusabali.com-pdds-tabanan-kebanjiran-pesanan-face-shield

TABANAN, NusaBali
Perusahaan Daerah Dharma Santika (PPDS) Tabanan dibanjiri pesanan alat pelindung diri (APD) untuk kasus Covid-19.

Salah satu APD yang dipesan adalah face shield. Hampir sejumlah rumah sakit dan puskesmas baik dari Tabanan maupun luar Tabanan memesan ke PPDS.

Face shield adalah pelindung wajah yang saat ini penting digunakan oleh tenaga medis dalam penanganan Covid-19. PD Dharma Santika menjual 1 buah seharga Rp 30 ribu. Keunggulan face shield buatan PDDS langsung bisa diberi nama pemilik. Dengan kurun waktu hampir tiga pekan, PD Dharma Santika sudah memproduksi sebanyak 400 buah face shield.

Direktur Perusahaan Daerah Dharma Santika I Putu Sugi Darmawan, mengatakan sejak diperintah Bupati Tabanan untuk ikut membantu produksi APD, PD Dharma Santika terus memproduksi sesuai pesanan. APD yang diproduksi selain baju hazmat, juga produksi masker dan face shield. “Permintaan APD secara umum sudah mulai menurun terutama masker, tetapi yang face shield permintaan meningkat,” kata Sugi Darmawan, Minggu (17/5).

Khusus face shield, kata Sugi Darmawan, PD Dharma Santika setiap hari memproduksi melibatkan staf di perusahaan plat merah itu. Per hari bisa memproduksi 50 – 75 pieces face shield. Karena permintaan meningkat meskipun dipesan secara personal. “Tenaga medis BRSU Tabanan, puskesmas, rumah sakit swasta di luar Tabanan maupun rumah sakit swasta di Tabanan juga ikut pesan secara personal,” ucap Sugi Darmawan.

Meskipun permintaan meningkat, ketersediaan bahan baku ataupun sumber daya manusia (SDM) yang memproduksi, PD Dharma Santika tidak kewalahan.

Bahkan menurut Sugi Darmawan, PD Dharma Santika dapat pesanan face shield untuk anak-anak dan bayi. Namun yang sanggup dipenuhi adalah face shield untuk anak-anak, tetapi untuk bayi belum bisa dilayani. Hal ini karena faktor keamanan produk belum bisa dijamin untuk bayi, lantaran struktur tulang kepalanya belum tumbuh sempurna. “Yang anak-anak kita sanggup buatkan,” tegasnya.

Dia menambahkan pada April lalu, selain kebanjiran pesanan face shield, PD Dharma Santika juga dapat pesanan APD baju hazmat dari Bupati Tabanan dan Kodim Tabanan. Total pesanan yang sudah dibuat sejumlah 268 baju hazmat. *des

loading...

Komentar