nusabali

Input Data PPDB dari Siswa Dimulai Hari Ini Hingga 17 Juni

PPDB Online SMP Negeri Tahun Ajaran 2020/2021

  • www.nusabali.com-input-data-ppdb-dari-siswa-dimulai-hari-ini-hingga-17-juni

MANGUPURA, NusaBali
Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) Tahun Ajaran 2020/2021 mulai dilaksanakan pada Senin (18/5) hari ini.

Sesuai jadwal, PPDB yang dilaksanakan secara online dimulai dengan melakukan input data PPDB dari siswa. Input data ini berlangsung hingga 17 Juni 2020 mendatang. Kepala Dinas Pendidikan, Kepemudaan, dan Olahraga (Disdikpora) Kabupaten Badung I Ketut Widia Astika, mengatakan berdasarkan petunjuk teknis (juknis) yang telah ditetapkan untuk PPDB tingkat SMP negeri akan dilakukan mulai 18 Mei 2020. “Jadwalnya sudah ditetapkan, jadi mulai besok (hari ini) sudah mulai input data PPDB dari siswa,” ungkapnya, Minggu (17/5).

Tahap selanjutnya adalah pendaftaran jalur zonasi bagi siswa disabilitas pada 18 Juni 2020. Dilanjutkan verifikasi berkas jalur zonasi bagi siswa disabilitas pada 19 Juni 2020. Kemudian, pengumuman diterimanya jalur zonasi bagi siswa disabilitas pada 20 Juli 2020.

“Pendaftaran jalur afirmasi akan dilaksanakan pada 22 Juni 2020. Pendaftaran jalur perpindahan tugas orangtua/wali pada 25 Juni 2020. Pendaftaran jalur prestasi pada 29 Juni 2020, dan pendaftaran jalur zonasi selain anak disabilitas akan dilaksanakan pada 2-3 Juli 2020. Untuk pendaftaran ulang yakni pada 10-11 Juli 2020,” papar Astika.

Pada tahun ajaran 2020/2021, jumlah peserta didik/rombongan belajar untuk SMP atau sederajat sesuai ketentuan dibatasi maksimal paling banyak 32 orang. Sementara, jumlah rombongan belajar masing-masing SMP atau sederajat berjumlah paling sedikit tiga dan paling banyak 33 rombongan belajar. Dan untuk masing-masing tingkat paling banyak 11 rombongan belajar.

Adapun cara untuk mendaftar, calon peserta didik dapat mengakses laman PPDB Online Kabupaten Badung di alamat ppdb.badungkab.go.id, dengan mengunggah dokumen persyaratan yang discan sebelumnya sesuai jalur PPDB. Kemudian, calon peserta didik melakukan proses pendaftaran online dengan melengkapi biodata siswa dan memilih sekolah pilihan. Setelah itu, cetak tanda bukti pendaftaran yang nantinya akan digunakan pada saat pendaftaran kembali.

“Nantinya, dokumen persyaratan yang sudah diunggah di sistem akan diverifikasi oleh verifikator sekolah tujuan, sehingga calon peserta didik baru tidak perlu ke sekolah tujuan,” jelas birokrat asal Kerobokan, Kecamatan Kuta Utara ini sembari menyatakan jika PPDB untuk jenjang SD juga dimulai pada Senin hari ini.

Pada bagian lain, Ketua Musyawarah Kerja Kepala Sekolah (MKKS) SMP Kabupaten Badung AA Putu Oka Sujana, menegaskan pelaksanaan PPDB tahun ajaran 2020/2021 sepenuhnya dilakukan secara online. “Jadi, pendaftaran dilakukan sendiri tanpa harus datang ke sekolah. Untuk input data PPDB dari siswa yang akan dilaksanakan besok (hari ini) bisa dilakukan siswa sendiri atau bisa dibantu oleh sekolah asal,” katanya.

Menurut dia, juknis dalam PPDB online sudah ditetapkan oleh Disdikpora Badung. Sekolah tinggal melaksanakan sesuai dengan juknis tersebut. Dalam juknis itu tidak saja menyangkut berapa jumlah rombongan belajar, tapi termasuk jadwal pendaftaran untuk masing-masing jalur sudah ditentukan. “Di juknis sudah ada semua,” tandas Sujana sembari menyatakan jika PPDB untuk SMP swasta boleh mendahului dan diatur oleh sekolah masing-masing.

Sementara itu, Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika (Kominfo) Badung IGN Gede Jaya Saputra, menegaskan siap mendukung pelaksanaan PPDB tahun ajaran 2020/2021. “Iya, kita siap mendukung Dinas Pendidikan mengenai PPDB. Apalagi sekarang PPDB tidak hanya untuk SMP, tapi juga berlaku untuk SD. Total di Badung 29 SMP negeri yang akan melaksanakan PPDB online,” ujarnya.

Disinggung kesiapan teknis, menurutnya tidak ada masalah. “Dari segi teknis jaringan kita sudah siap. Bahkan, kami berencana akan mengaktifkan kembali jaringan internet yang ada di sekolah dan banjar untuk membantu masyarakat saat melakukan pendaftaran. Namun, tentu kami imbau tetap memperhatikan protokol kesehatan,” tandas Saputra. *asa

loading...

Komentar