nusabali

Dinas Pertanian Buleleng Sediakan 10.000 Bibit Tanaman Pangan

  • www.nusabali.com-dinas-pertanian-buleleng-sediakan-10000-bibit-tanaman-pangan

Masyarakat perdesaan maupun perkotaan bias memanfaatkan bibit tanaman pangan utuk ditanam di pekarangan rumah mereka.

SINGARAJA, NusaBali
Selain Dinas Ketahanan Pangan dan Perikanan (KPP) membagikan bibit tanaman pangan, Dinas Pertanian Kabupaten Buleleng menyusul. Sebanyak 10 ribu bibit berbagai macam tanaman pangan sudah disiapkan dan segera didistribusikan sebulan ke depan. Kepala Dinas Pertanian Kabupaten Buleleng, I Made Suamiarta, Jumat (15/5) menjelaskan penyiapan bibit tanaman pangan ini merupakan bagian dari program Obor Pangan Lestari (Opal), yang sudah berlangsung sejak 2019 lalu. “Jadi yang disasar adalah seluruh masyarakat baik di perkotaan maupun di pedesaan untuk memanfaatkan pekarangan yang dimiliki,” jelas Sumiarta.

Menurutnya program Opal ini juga disiapkan untuk diterapkan di semua kondisi, termasuk masyarakat yang memiliki pekarangan sempit. “Tujuannya dengan program ini kami ingin masyarakat terbiasa menanam di pekarangannya, penanaman tanaman yang memberikan nilai dalam kehidupan sehari-hari,” imbuh dia.

Dinas Pertanian yang menyiapkan pembibitan pun memilih tanaman yang waktu panen cepat. Seperti cabai, terong, sayur hijau, bayam yang dapat dipanen untuk memenuhi kebutuhan pangan sehari-hari. Program Opal ini kembali diintensifkan di tengah pandemi Covid-19 saat ini. Sepuluh ribu bibit yang disiapkan dalam waktu sebulan setelah dipindahkan ke media tanam siap dibagikan ke masyarakat.

Menurut Sumiarta bantuan bibit tanaman pangan ini akan dibagikan ke masing-masing kecamatan dan juga Koramil. Selanjutnya dari Kecamatan dan Koramil yang mendistribusikan kepada masyarakat yang berminat. “Kondisi pandemi saat ini memang sangat tepat untuk memulai, tetapi harapannya menanam dengan memanfaatkan pekarangan yang dimiliki di rumah menjadi kebiasaan masyarakat, sehingga berkelanjutan dapat menjamin ketersediaan bahan pangan minimal untuk konsumsi satu keluarga,” ucap Sumiarta.*k23

Komentar