nusabali

Minta Kebijakan soal Umur Atlet

  • www.nusabali.com-minta-kebijakan-soal-umur-atlet

MANGUPURA, NusaBali
Beberapa Pengkab cabang olahara anggota KONI Badung mulai menyiasati umur atlet untuk Porprov Bali XV.

Diundurnya jadwal Porprov 2021 berakibat pada bertambahnya usia atlet pada tahun 2022.  "Pada Porprov 2022 mohon ada kebijakan soal usia atlet, karena setahun diundur. Soal batasan umur, masing-masing cabor provinsi punya kebijakan. Kami mengusulkan agar atlet yang umurnya memasuki 'injuri time' dapat tampil pada Porprov 2022," ucap Ketua Harian Kabaddi Badung, I Kadek Sudharma Hariawan, Jumat (15/5).

Soal Porprov ditunda, kata Sudharma, pihaknya mengikut keputusan tersebut. Dari aspek psikologis memang sangat kurang elok menggelar Porprov dalam suasana keprihatinan akibat Pandemi Covid-19. Dari aspek ekonomi sebagian besar pendapatan daerah juga tergantung dari pariwisata, yang kini semuanya anjlok.

Lalu dari aspek pembinaan dirasa masing-masing cabor tahu apa yang dilakukan.  Artinya walaupun porprov diundur tapi pembinaan akan berlanjut untuk persiapan berbagai kejuaraan. Namun bagi atlet yang telah bersiap untuk Porprov 2021, mohon diberi ruang unjuk kemampuan dengan menghelat kejuaraan lokal. Hal ini sebagai ajang pemanasan dan evaluasi program latihan selama ini.

Sedangkan di tempat terpisah Ketum PBVSI Badung, Anak Agung Kusimantara menegaskan, mundurnya pelaksanaan Porprov Bali hendaknya cabor harus mensiasati diri batasan umur yang akan ditetapkan. Menurutnya, Proprov Bali landasan atlet di cabor akan bisa masuk PON. Sudah barang tentu PON pun akan menghitung batasan umur.

"Untuk itu kami di cabor voli Badung dalam Porpov akan menggunakan kelahiran 1999. Dengan pemikiran pembentukan/pembinaan atlet dalam masa Covid-19 tidak gampang. Kalaupun dipaksakan hasilnya akan tidak maksimal,”katanya.

"Kita tidak mau melihat kuantitas saja, yang utama juga kualitas. Dan, hendaknya dalam pelaksanan PON berikutnya setelah PON Papua Pengprov masih-masing cabor harus berani berjuang menentukan batasan umur atlet," kata Kusimantara. *dek

Komentar