nusabali

Ini Dia Prediksi Akhir Drama Korea 'The World of the Married'

  • www.nusabali.com-ini-dia-prediksi-akhir-drama-korea-the-world-of-the-married

Alur drama Korea yang tidak tertebak di setiap episodenya menciptakan berbagai prediksi. Apa saja kemungkinan ending yang bakal terjadi?

DENPASAR, NusaBali.com
Tak terasa, drama Korea hits ‘The World of the Married Couple’ produksi JTBC kini telah memasuki babak akhir. Setelah episodenya yang ke-14 mencetak rating dengan rekor tertinggi dalam sejarah drama Korea, yakni 24,3%, kini penonton tengah dibuat bertanya-tanya apa yang akan menjadi penutup kisah antara Ji Sun Woo (diperankan oleh Kim Hee Ae) – Lee Tae Oh (Park Hae Joon) – Yeo Da Kyung (Han So Hee) ini. 

Di awal tayangnya drakor ini di Indonesia melalui sejumlah situs streaming seperti Viu, para pecinta drama Korea ini dibuat geram dengan tokoh Lee Tae Oh yang berselingkuh dari Ji Sun Woo dengan seorang gadis muda, Yeo Da Kyung. Bahkan, saking geramnya dengan perselingkuhan ini, para netizen sempat menyerang akun media sosial aktris Han So Hee yang memerankan tokoh pelakor ini.

Namun seiring berjalannya episode demi episode, penonton dibuat gemas dengan beragam plot twist. Misalnya, tokoh Sul Myung Sook yang dianggap teman bemuka dua, kini mulai berpihak kembali pada Ji Sun Woo. Lalu ada juga rekan sesama dokter, Kim Yoon Ki, yang disebut-sebut sebagai love interest baru pasca bercerainya Ji Sun Woo dan Lee Tae Oh. 

Alur drama Korea yang tidak tertebak di setiap episodenya nan penuh komplikasi ini membuat penonton bertanya-tanya, bagaimanakah drama Korea ini akan berakhir di episode ke-16 yang akan tayang Minggu (17/5) nanti. Untuk itu, mari kita lakukan analisis kecil-kecilan. 

Spoiler Episode 15

Di penghujung episode ke-14, penonton dikagetkan kembali dengan langkah berani yang dilakukan Ji Sun Woo, yakni mengakui bahwa dirinya dan mantan suaminya kembali melakukan hubungan suami istri kepada Yeo Da Kyung, yang kini mati-matian berusaha mempertahankan keutuhan keluarga barunya bersama Lee Tae Oh. 

Pasca adegan ini, terdapat beberapa spoiler atau bocoran yang disajikan dalam potongan-potongan adegan yang diambil dari episode ke-15 yang akan ditayangkan Sabtu (16/5/2020). Beberapa di antaranya, yakni adegan Lee Tae Oh yang meminum minuman keras setelah menampar anaknya, Lee Joon Young. Juga Lee Tae Oh yang bertanya pada Ji Sun Woo apakah dirinya masih memendam perasaan suka. Adegan lainnya, yaitu Yeo Da Kyung yang perlahan ingin menyerah mempertahankan rumah tangganya bersama Lee Tae Oh. 

Juga, adegan Yeo Byeong Kyu (ayah Yeo Da Kyung) yang memarahi menantunya karena dianggap gagal membuat putrinya bahagia. Terakhir, ada pula adegan Lee Joon Young yang meminta pada ibunya, Ji Sun Woo, agar mereka berdua pindah ke kota lain dimana tak seorangpun akan mengenali mereka.

Hal ini menimbulkan spekulasi, apakah Lee Tae Oh akan ditinggalkan oleh kedua wanita yang dicintainya, seperti ganjaran yang sepantasnya bagi seorang pria tukang selingkuh? Atau, Lee Tae Oh akan berusaha untuk mencoba mempertahankan keluarga barunya demi putrinya yang masih balita?

Mengikuti serial Doctor Foster?

Seperti yang telah diketahui oleh para pecinta drama Korea, serial ini merupakan adaptasi dari serial asal Inggris berjudul Doctor Foster yang ditayangkan oleh saluran BBC pada 2017 lalu. Di satu sisi, serial ini juga terinspirasi dari mitologi Yunani tentang Medea, seorang istri tersakiti yang meracuni suaminya dan membunuh anak-anaknya. 

Meski terdiri dari dua season, serial Doctor Foster sendiri memiliki ending yang cukup menggantung, yakni kaburnya anak pasangan si tokoh utama yang mengatakan akan hidup sendiri tanpa campur tangan kedua orang tuanya. Lalu, apakah drama The World of the Married ini akan mengikuti ending tersebut?

Teori ini sempat dibantah oleh sang penulis naskah, yang mengatakan bahwa drama The World of the Married ini tidak akan mengikuti ending tersebut. Karena, berbeda dengan serial Doctor Foster yang berfokus pada tokoh utama Gemma Foster, drama The World of the Married ini juga memperhatikan konflik yang dialami oleh tokoh-tokoh lain. 

Siapakah dr Kim Yoon Ki?

Sejak kemunculannya, dr Kim Yoon Ki mencuri hati para fans yang menebak bahwa dokter duda yang satu ini yang kelak akan menjadi pendamping Ji Sun Woo. Namun sebuah teori spoiler yang beredar di kalangan para netizen, menyebutkan bahwa dokter ini adalah saudara tiri Ji Sun Woo. Kok bisa?

Kalau diingat-ingat, di beberapa adegan flashback penonton sempat disuguhkan masa lalu Ji Sun Woo, yang kedua orang tuanya meninggal akibat kecelakaan setelah ibunya mengetahui perselingkuhan ayahnya. Bukannya tidak mungkin, kalau ternyata selingkuhan dari ayah Ji Sun Woo ini tengah mengandung saat kejadian tersebut. Anak hasil perselingkuhannya inilah, yang kelak diperkenalkan sebagai sosok Kim Yoon Ki. 

Tapi apakah penonton rela? Rasanya tidak mungkin ya, mengingat perlakuan manis dokter yang satu ini. Bahkan di beberapa kesempatan, Kim Yoon Ki berusaha mengajak Ji Sun Woo untuk kencan. Rasanya tak masuk akal bila memang Kim Yoon Ki adalah saudara tirinya Ji Sun Woo. Namun, teori ini belum terbukti kebenarannya. Jadi bagi para shippers, mari berharap teori ini tidak benar.

Hipotesis ending berdasarkan alur drama Korea pada umumnya

Jika dilihat-lihat, drama Korea punya alur yang tidak bisa disamakan dengan seri dari negara lain. Kebanyakan drama Korea terdiri dari 16-20 episode yang rata-rata berdurasi antara 50 menit hingga satu setengah jam. Untuk The World of the Married sendiri, akan diakhiri di episode ke-16 dengan durasi rata-rata satu jam dua puluh menit setiap episode. 

Dengan pertimbangan tersebut, bisa disimpulkan bahwa dalam setiap episodenya terdapat plot cerita yang lebih kompleks. Kompleksitas inilah yang membuat drama Korea tak mudah tertebak. Namun, ada satu atau dua pola alur yang bisa diamati jika penonton rajin menonton drama Korea lainnya. Apa sajakah itu?

Rata-rata, puncak alur cerita drama Korea akan berada di episode terakhir kedua sebelum benar-benar menamatkan kisahnya di episode terakhir. Sementara episode terakhir sendiri akan menampilkan resolusi atau penyelesaian dari semua tokohnya. 

Coba deh, perhatikan beberapa contohnya. Di drama Descendant of the Sun, episode ke-15nya menampilkan klise tokoh utama “yang mati lalu hidup kembali”, sementara di episode terakhirnya, episode 16, menceritakan bagaimana para tokoh kembali menjalin hubungan. 

Lalu drama detektif Class of Lies, episode ke-15nya membeberkan siapa tokoh pembunuh sebenarnya, sementara episode ke-16 menceritakan bagaimana penyelesaian dari kasus ini, bagaimana tokoh-tokoh lainnya menyesuaikan diri pasca terungkapnya kasus. 

Belum lagi drama Sky Castle, yang di episode terakhir kedua (episode 19) juga mengungkap misteri pembunuhan atas salah satu tokoh, dan ditangkapnya sang pembunuh. Dan di episode finale (20), menceritakan bagaimana tokoh-tokoh lainnya memperbaiki diri dan menemukan kehidupan yang lebih baik. 

Jika teori ini diterapkan pada drama The World of the Married, maka bisa kita hipotesiskan bahwa, bagaimana Lee Tae Oh memilih, keputusan akhir Ji Sun Woo, siapa Kim Yoon Ki sebenarnya, dan kebimbangan Yeo Da Kyung akan terjawab di episode 15, sementara episode ke-16 akan lebih menceritakan bagaimana Ji Sun Woo mulai kembali menata hidup baru bersama putranya, entah dibarengi dengan membuka hati dengan Kim Yoon Ki, atau kembali bersama Lee Tae Oh, atau menjalani hidup solo.

Selain itu, episode 16 juga akan menjawab pertanyaan tentang bagaimana tokoh-tokoh lainnya beradaptasi. Sejauh ini, yang bisa (kemungkinan besar) diprediksi soal tokoh lainnya yaitu 1) Ko Ye Rim dan suaminya kembali berbaikan; 2) Lee Joon Young berusaha beradaptasi dengan lingkungan sekolah baru; 3) Kehancuran Lee Tae Oh; 4) Sul Myung Sook yang kemampuannya mulai diakui sebagai dokter senior, dan bukan tidak mungkin menempati posisi penting rumah sakit, hingga keputusannya untuk tetap melajang atau menemukan teman kencan. 

Namun sekali lagi, ini hanyalah hipotesis. Tebak-tebakan tanpa hadiah. Prediksi. Asumsi. Boleh dipercaya boleh tidak. Mungkin sebagian benar, sebagian salah, benar semua, atau salah semua. Apapun itu, drama ini akan tetap menjadi salah satu drama terlaris sepanjang sejarah, meninggalkan kesan campur aduk bagi para penggemar, dan menginspirasi para kaum hawa untuk tak mudah percaya pada pria.*cr74

loading...

Komentar