nusabali

Tak Perlu Takut Lagi Corona

Revierderby Warnai Restart Bundesliga, Sabtu

  • www.nusabali.com-tak-perlu-takut-lagi-corona

Kami tak pernah suka bertanding tanpa penonton, tapi di masa krisis seperti ini dan tak ada alternatif lain, maka main di stadion kosong lebih baik daripada tak bermain sama sekali.

Dortmund, NusaBali
Liga Jerman dipastikan bergulir mulai Sabtu (16/5) besok. Adanya pemain-pemain yang positif virus Corona di masa persiapan diyakini tak menjadi hambatan untuk menyelesaikan kompetisi. Restart Bundesliga diwarnai laga revierderby, saat Borussia Dortmund menjamu Schalke 04, di Signal Iduna Park, Sabtu, pukul 21.30 Wita.

Ya, sebelumnya tiga pemain Cologne dinyatakan positif Covid-19 pada awal bulan ini. Lalu klub Bundesliga 2, Dynamo Dresden, memutuskan mengisolasi seluruh para pemainnya setelah tiga orang juga positif Corona.

Di tengah kekhawatiran akan kelanjutan kompetisi, Bundesliga jadi kompetisi besar pertama di Eropa yang akan kembali digelar setelah ditangguhkan pada Maret lalu, akibat pandemi Covid-19. Kasus virus Corona di kalangan pemain hanya sedikit dari jumlah tes yang dilakukan, sehingga dianggap bukanlah bencana besar.

"Satu tes positif Corona bukanlah malapetaka, asalkan kami punya aturan dan rekomendasi bagaimana menangani hal tersebut. Sekarang tak perlu takut lagi dengan Corona," kata Managing Director Borussia Dortmund, Carsten Cramer, Kamis (14/5).

Cramer merasa lega Bundesliga dapat dimulai lagi. Kalau tidak, kata Cramer, bukan hanya Dortmund yang akan terkena masalah (finansial), tapi keseluruhan Bundesliga juga.

"Kami tak pernah suka bertanding tanpa penonton, tapi di masa krisis seperti ini dan tak ada alternatif lain, maka main di stadion kosong lebih baik daripada tak bermain sama sekali," kata Cramer.

Dortmund akan menjamu rival abadinya, Schalke 04, di Signal Iduna Park. Cramer pun menjamin tak ada suporter yang akan hadir.

"Saya tak yakin seratus persen, tapi harusnya ini bukan masalah. Akan ada petugas keamanan dan polisi di sekitar stadion. Lagipula di Jerman masih belum diperbolehkan pergi keluar dan berkumpul lebih dari tiga orang," jelas Cramer.

Bundesliga restart), UEFA pun senang pada keberanian penyelenggara Bundesliga yang siap meneruskan kompetisi. Presiden UEFA, Aleksandar Ceferin memberikan pujian langsung.

Namun penyelenggara Bundesliga tidak mau lengah. Mereka menggelar laga tanpa penonton dan menyiapkan protokol lengkap untuk menjamin semua yang terlibat dalam pertandingan tidak terinfeksi virus corona.

Sementara itu, gelandang muda Borussia Dortmund Gio Reyna sedang mempersiapkan diri menghadapi Revierderby pertamanya. Reyna, mengawali debutnya untuk Dortmund musim ini, Revierderby akan jadi pengalaman pertamanya. Dia menilai pertandingan nanti akan tetap seru dan ketat, baik itu dengan atau tanpa suporter.

“Saya pikir saya mewakili tim ketika saya mengatakan kita semua tak sabar kembali bermain. Saya belum pernah melihat laga derbi secara langsung atau ikut bermain, saya benar-benar menantikan pertandingan ini,”kata Reyna, di kanal YouTube Dortmund. *ant

Komentar