nusabali

Aksi Sosial Covid-19 PDIP-PSI Paling Terekam Publik

  • www.nusabali.com-aksi-sosial-covid-19-pdip-psi-paling-terekam-publik

JAKARTA, NusaBali
Hasil penelitian yang dilakukan Indomedia Poll menyebutkan aktivis sosial Partai Solidaritas Indonesia (PSI) dan PDI Perjuangan paling terekam publik di tengah masa pandemi Covid-19.

Direktur Media dan Riset Indomedia Poll, Hamzah Fansuri, dalam keterangan tertulisnya, di Jakarta, Rabu (13/5) mengatakan pihaknya melakukan penelitian terhadap aktivitas partai politik selama kebijakan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB).

Diketahui, seluruh partai politik berlomba mencari perhatian publik selama masa pandemi, melalui media sosial, mulai dari facebook, instagram, twitter, dan YouTube. "Dari hasil dan temuan Indomedia Poll, seluruh partai berupaya mendapat perhatian publik dengan menunjukkan aktivitas mereka di media sosial, namun tentu tidak semua terekam baik dalam memori publik yang diwakili responden," kata Hamzah.

Namun, dia mengakui, tidak semua partai politik mendokumentasikan komitmen sosial mereka di media sosial. Belum semua partai politik mampu secara maksimal dan kreatif dalam pengelolaan konten di media sosial terutama mendokumentasi aktivitas mereka dalam menghadapi bencana Corona.

"Dari hasil wawancara, responden menyebutkan (top of mind) partai yang konten aktivitasnya paling sering muncul di masa pandemi adalah Partai Solidaritas Indonesia (PSI), disusul PDIP, lalu disusul pula oleh Partai Gerindra dan Partai Keadilan Sejahtera (PKS)," ujarnya pula.

Responden yang memilih PSI, kata Hamzah, melihat partai yang dipimpin Grace Natalie itu melakukan banyak gerakan di daerah, sehingga barisan anak muda itu dianggap responden berani mengambil risiko terjun ke masyarakat pada masa pandemi.

"Responden menjawab PDIP, karena melihat aktivitas Presiden Joko Widodo (Jokowi) masih identik dengan kader PDIP, begitu juga dengan konten seputar Ganjar Pranowo di Jawa Tengah diasosiasikan sebagai konten PDIP," ujarnya lagi. Sedangkan, responden menjawab Gerindra lantaran adanya aktivitas di media sosial twitter. Partai yang dipimpin oleh Prabowo Subianto itu menggaungkan tagline #AksiNyata. Kemudian responden yang menjawab PKS, karena suka dengan konten-konten yang konsisten menempatkan diri sebagai oposisi. Selain kritik kebijakan melalui surat terbuka, PKS juga cukup aktif terjun langsung ke lapangan di masa pandemi.

"Baik PSI, PDIP, Gerindra maupun PKS menjadi empat partai politik yang paling diapresiasi warga masyarakat, dan dengan strategi media sosial yang baik, mampu terekam dalam memori warga masyarakat," kata Hamzah. Penelitian Indomedia Poll itu menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode analisis wacana kritis yang digabungkan dengan analisis konten media sosial pada tenggat waktu 1-12 Mei 2020. Objek penelitiannya adalah akun-akun resmi media sosial dari partai-partai politik. *ant

Komentar