nusabali

Petugas Damkar Evakuasi Sarang Tawon

Tawon Jenis Vespa affinis, Sangat Berbahaya

  • www.nusabali.com-petugas-damkar-evakuasi-sarang-tawon

TABANAN, NusaBali
Petugas Pemadam Kebakaran (Damkar) Kabupaten Tabanan kembali mengevakuasi sarang tawon jenis Vespa affinis yang dikenal berbahaya, di rumah Adnyana Giri, Jalan Rajawali Perumahan Mertya Asri Nomor 47 Kecamatan Tabanan, Rabu (13/5).

Evakuasi segera dilakukan karena pemilik rumah melaporkan tawon sempat masuk kamar.  Kabid Pemadam Kebakaran Tabanan I Wayan Suakta, menjelaskan evakuasi sarang tawon Vespa dilakukan setelah ada laporan dari warga. Laporan masuk Rabu pagi sekitar pukul 09. 45 Wita. “Begitu laporan diterima, kami dengan empat petugas langsung ke lokasi, karena tawon Vespa ini dikenal berbahaya,” tegasnya.

Menurut Suakta, evakuasi menggunakan alat seadanya seperti helm serobong dan slop tangan agar terlindungi dari serangan tawon. Sebelum evakuasi, sarang disemprot dengan cairan pembasmi serangga. “Setelah disemprot cairan, baru sarang kami evakuasi,” tambahnya.

Suakta mengimbau kepada seluruh masyarakat jika mengetahui terdapat sarang tawon Vespa affinis ini agar segera melapor ke petugas untuk dievakuasi. Sebab, serangan tawon jenis ini sangat berbahaya, terlebih lagi jika berada di perumahan atau pemukiman warga.

“Kami harap bisa segera melapor jika ada warga yang melihat atau mengetahui keberadaan sarang tawon jenis itu. Kami juga berpesan agar berhati-hati dengan jenis tawon ini. karena di Jawa sempat memakan korban jiwa,” tandasnya. *des

Komentar