nusabali

241 PMI yang Baru Tiba, 25 Orang Dikarantina di Badung

  • www.nusabali.com-241-pmi-yang-baru-tiba-25-orang-dikarantina-di-badung

MANGUPURA, NusaBali
Sebanyak 25 dari 241 pekerja migran Indonesia (PMI) yang baru tiba di Bali, Selasa (12/5) siang, saat ini menjalani karantina di wilayah Kabupaten Badung.

Kini 25 orang PMI tersebut menjalani karantina di rumah singgah yang disediakan oleh Pemkab Badung di kawasan Kuta. Mereka akan menjalani karantina selama 14 hari sebelum diperbolehkan pulang ke rumah masing-masing.


Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Badung dr I Nyoman Gunarta sekaligus Koordinator Kesehatan Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Badung, mengatakan kedatangan 241 PMI ke Bali yang tiba Selasa (12/5) langsung diatensi olah tim di lapangan. Begitu dikonfirmasi PMI adalah warga Badung, mereka langsung menjalani karantina di rumah singgah yang telah disiapkan.

“Iya, kemarin ada tambahan 25 PMI baru yang dikarantina. Sebanyak 24 orang masuk kemarin (Selasa) dan 1 orang masuk hari ini (Rabu kemarin),” ungkap dr Gunarta saat dikonfirmasi, Rabu (13/5).

Dengan tambahan tersebut, kini total PMI yang masih menjalani karantina sebanyak 84 orang. Para PMI tersebut terpusat di satu tempat, yakni di satu rumah singgah saja yakni di kawasan Kelurahan Legian. Sebab, untuk saat ini rumah singgah satu lagi yang sebelumnya ada di Kelurahan Tuban sudah tidak dioperasikan lagi.

Karena rumah singgah di Tuban tidak difungsikan lagi, sehingga 11 PMI yang menghuni rumah singgah tersebut dipindah ke rumah singgah yang ada di Legian. “Jadi, sekarang totalnya 84 orang yang ada di rumah singgah, dengan perincian 67 laki-laki dan 17 perempuan,” tutur dokter asal Desa Sibang Gede, Kecamatan Abiansemal, ini.

“Kondisi PMI saat ini semuanya dalam keadaan sehat. Begitu juga yang baru masuk,” imbuh dr Gunarta.

Di rumah singgah sekarang masih tersisa 46 kamar tidur yang kosong. Karena itu, jika sewaktu-waktu PMI dari Badung datang lagi, tempat karantina masih tersedia.

Walaupun ada tambahan, namun ada juga yang telah menyelesaikan masa karantina dan dinyatakan sehat. “Hari ini (kemarin) ada lagi 4 orang PMI yang sudah selesai menjalani karantina dan sudah diperbolehkan pulang,” tandas dr Gunarta. *asa

Komentar