nusabali

Badung Siagakan Tiga Mobil Ambulans Tangani Kasus Covid-19

  • www.nusabali.com-badung-siagakan-tiga-mobil-ambulans-tangani-kasus-covid-19

MANGUPURA, NusaBali
Pemerintah Kabupaten Badung menyiapkan tiga mobil ambulans khusus untuk menangani kasus Covid-19.

Tambahan satu mobil berasal dari Kecamatan Petang. Sebelumnya Satuan Tugas (Satgas) Penanggulangan Covid-19 Badung memiliki dua unit ambulans yang siap memberikan pelayanan kepada masyarakat.

“Iya, kami melakukan penambahan satu unit mobil ambulans lagi, dengan cadangan semua mobil ambulans puskesmas kalau dibutuhkan siap digerakkan. Sementara itu yang dua unit mobil ambulans memang total kami pakai untuk mengangkut masyarakat yang membutuhkan layanan terkait kasus Covid-19,” kata Kepala Dinas Kesehatan Badung dr I Nyoman Gunarta, Rabu (13/5).

Dengan tambahan satu unit mobil ambulans lagi, sehingga kini total ada tiga unit ambulans siaga Covid-19 yang bisa dihubungi oleh masyarakat setiap saat. “Jadi, masyarakat yang membutuhkan bantuan penanganan dapat menghubungi Call Center Badung 1500096 atau Emergency Call 112,” kata dr Gunarta.

Dikatakannya, penambahan satu unit mobil ambulans ini dilakukan untuk memberikan pelayanan secara maksimal. Terlebih Dinas Kesehatan tengah menggeber rapid test. “Kita terus melakukan rapid test, jadi penambahan sebagai langkah antisipasi. Bila satu unit sedang melaksanakan tugas, masih ada ambulans Covid-19 yang tetap siaga,” tegas mantan Dirut RSD Mangusada ini.

Untuk tenaga medis, ungkap birokrat asal Desa Sibang Gede, Kecamatan Abiansemal, ini berasal dari Dinas Kesehatan dan RSD Mangusada. Masing-masing tenaga medis di mobil ambulans tersebut sudah dilengkapi dengan alat pelindung diri (APD). “Mobil ambulans dan tenaga medis siap 24 jam di Command Center Puspem Badung. Begitu dibutuhkan, bisa langsung bergerak,” tandasnya.

Sejauh ini, berdasarkan data yang dirilis Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Badung, jumlah komulatif pasien positif Covid-19 di Badung sebanyak 24 kasus. Adapun perinciannya 13 sembuh dan 11 masih dalam perawatan.

Berikut perincian per kecamatan. Di Kecamatan Kuta Selatan ada 9 kasus positif, 3 masih dalam perawatan, dan 6 sembuh. Kecamatan Kuta Utara, ada 6 kasus positif, 2 masih dalam perawatan, dan 4 sembuh. Kecamatan Mengwi ada 8 kasus positif, 5 masih dalam perawatan, dan 3 sembuh. Di Kecamatan Abiansemal terdapat 1 kasus positif, 1 dinyatakan sembuh, dan nihil yang dirawat. Sementara dua kecamatan lainnya yakni Kecamatan Kuta dan Petang, sejauh ini masih nihil kasus positif Covid-19. *asa

Komentar