nusabali

Kolaborasi dengan Hindia, Mantra Vutura Rilis Single 'Percakapan Pt.1'

  • www.nusabali.com-kolaborasi-dengan-hindia-mantra-vutura-rilis-single-percakapan-pt1

Keputusan untuk mengajak Hindia sebagai kolaborator didasari karakter vokal Hindia dan ketajaman liriknya.

JAKARTA, NusaBali
Duo Mantra Vutura merilis single berseri terbarunya bertajuk 'Percakapan Pt.1.'. Dalam single ini mereka berkolaborasi dengan Baskara Putra alias Hindia. Single ini masih berhubungan dengan single '2020' yang baru dirilis bulan lalu.

“Ini merupakan awal dari sebuah kolaborasi panjang antara Mantra Vutura dan Hindia, juga semoga ke depannya kami dapat mengajak banyak kolaborator lain lagi,” kata Mantra Vutura dalam siaran resminya, Rabu (13/5/2020).

Ide lagu ini sebetulnya sudah bergulir sejak Hindia dan band pengiring, Lomba Sihir sedang menjalankan tur Bayangan awal tahun 2020 ini. Setengah dari Mantra Vutura, Tristan Juiano dan Rayhan Noor (kibordis dan gitaris Lomba Sihir) memulai proses penulisannya di sela tur.

Keputusan untuk mengajak Hindia sebagai kolaborator didasari karakter vokal Hindia dan ketajaman liriknya. Kombinasi tersebut dirasa pas untuk menyempurnakan lagu yang komposisinya terdengar kompleks dan tidak berarturan ini.

Kemudian di tengah jalan, Hindia menawarkan untuk memperpanjang nyawa lagu ini dengan menjadikannya proyek bersama. Dengan menjuduli 'Percakapan Pt.1' yang diharapkan akan berlanjut ke 'Percakapan Pt. 2', dan seterusnya.

Single ini berisikan kumpulan doa, ditujukan untuk sang pencipta, serta masih mengangkat tema hubungan manusia dengan penciptanya. Bagi Mantra Vutura ini seolah menjadi penampakan sisi putus asa manusia ketika doa-doanya tidak diindahkan.

Selain itu, lagu ini juga menjadi dialog antara mereka yang menyalahkan Tuhan atas situasi dan keterpurukan, kendati sebetulnya keterpurukan tersebut hadir akibat ulah manusia sendiri. Meskipun demikian, single ini tetap mengingatkan untuk memperbaiki rasa syukur yang seringkali absen dan agar kembali lagi di jalan-Nya.

Sementara itu di sisi lain, Hindia menulis bahwa lagu ini menjadi penanda arahan baru musiknya. Sebab ia baru sekarang merilis lagu dengan konsep berbeda dari lagu-lagu yang pernah dirilisnya.

"Sebelumnya ada suatu spektrum perasaan tertentu yang saya dan Mantra Vutura ingin abadikan dengan suara yang khas dan visual yang spesifik pula. Namun kami masing-masing sadar bahwa hal itu hampir mustahil untuk dicapai sendiri-sendiri. Ini yang jadi dorongan terbesar bagi Mantra Vutura dan Hindia dalam menciptakan Percakapan Pt. 1," katanya.*

loading...

Komentar