nusabali

Inggris Izinkan Kompetisi Restart 1 Juni

Klub China Minta MU Kembalikan Ighalo

  • www.nusabali.com-inggris-izinkan-kompetisi-restart-1-juni

Meski sudah direstui, pertandingan tetap harus berlangsung secara tertutup dan tanpa penonton demi mencegah risiko terjadinya kontak fisik.

LONDON, NusaBali

Liga Premier mendapatkan harapan dalam menyelesaikan kompetisi musim ini setelah pemerintah Inggris menerbitkan roadmap penyelenggaraan kompetisi olahraga bisa kembali dimulai 1 Juni. Izin kelanjutan Liga Inggris itu tercantum dalam dokumen berjudul ‘Our Plan to Rebuild: The UK Government's COVID-19 Recovery Strategy.’ Perdana Menteri Boris Johnson bahkan percaya dengan kembalinya kompetisi olahraga ke layar televisi dapat menjadi hiburan sekaligus penyemangat di tengah situasi sulit seperti saat ini.

Sebelum melanjutkan kompetisi, pemerintah juga akan menentukan protokol yang harus disepakati terkait bagaimana klub-klub bisa menggelar latihan kelompoknya masing-masing. Pihak Liga Premier juga harus menentukan langkah terhadap para pemain yang sudah dinyatakan positif Covid-19.

Nantinya lanjutan kompetisi akan dilangsungkan tertutup dan tanpa penonton. "Kami sudah memiliki protokol yang sudah ditinjau, kami memiliki perusahaan penguji yang sudah ditunjuk. Tetapi konsultasi dengan para pemain dan manajer tetap yang terpenting dalam menentukan langkah berikutnya," kata CEO Liga Premier Richard Masters seperti dikutip AFP, Selasa (12/5). "Tidak ada keputusan yang akan dibuat apabila kami belum berbicara dengan para pemain dan manajer. Pertemuan dijadwalkan dilakukan akhir pekan ini," kata dia.

Namun tampaknya meski pemerintah sudah memberikan lampu hijau, rencana menyelesaikan liga musim ini justru ditentang oleh beberapa klub karena beberapa alasan. Apabila memang berkomitmen menyelesaikan musim, klub papan bawah Liga Inggris menginginkan aturan degradasi dihapuskan. Mereka menganggap tak adil jika ada klub yang terdegradasi ketika 92 laga sisa dimainkan tanpa penonton dan di tempat netral. Enam klub yang berada di papan bawah, yaitu Brighton, West Ham, Watford, Bournemouth, Aston Villa, dan Norwich mengaku keberatan dengan rencana bermain di venue netral karena itu akan merugikan mereka yang bisa meraup keuntungan dari laga kandang tersisa.Sementara itu Manchester United berusaha keras memperpanjang masa pinjam Idion Ighalo.

Sebagaimana diketahui masa pinjam pemain timnas Nigeria itu akan berakhir pada 31 Mei dan klub yang memilikinya, Shanghai Shenhua, sudah meminta pemain itu kembali ke Liga Super China yang akan mengawali lagi kompetisi 1 Juli.

MU ingin mempertahankan Ighalo tapi tak mau mempermanenkannya karena harga 20 juta pound untuk dia dianggap terlalu mahal oleh Setan Merah. Untuk itu pasukan Ole Solksjaer mungkin tidak akan diperkuat dia begitu musim kompetisi ini dilanjutkan. Shanghai tak tertarik dengan ide memperpanjang masa pinjam pemainnya itu, kecuali dipermanenkan oleh MU yang mengeluhkan harganya terlalu tinggi itu.

Ighalo terbilang sukses dengan menciptakan empat gol dari delapan kali bertanding. Tetapi sepertinya masa bakti dia kian dekat karena Marcus Rashford sudah mendekati pulih sepenuhnya dari cedera panjang. United menyisakan sembilan laga Liga Premier lagi ditambah jadwal Piala FA dan Liga Europa. *ant

loading...

Komentar