nusabali

Negara Ini Butuh Sepakbola

Liga Spanyol Bergulir Kembali 12 Juni

  • www.nusabali.com-negara-ini-butuh-sepakbola

Tentu butuh waktu. Negara ini membutuhkan sepakbola untuk menggerakkan ekonomi dan orang-orang di sini butuh distraksi.

MADRID, NusaBali

Bek sekaligus kapten Real Madrid Sergio Ramos percaya, Spanyol membutuhkan sepakbola untuk mendorong perekonomian dan menjadi hiburan bagi masyarakay yang sedang jenuh akibat pandemi virus corona.

LaLiga Spanyol musim 2019/2020 terpaksa berhenti sejak Maret lalu akibat Covid-19. Pasalnya, Spanyol menjadi salah satu negara terparah yang terkena dampak virus dari China itu. Namun, wacana melanjutkan kembali kompetisi terus bergulir dengan musim masih menyisakan 11 laga.

Presiden La Liga Javier Tebas mengisyaratkan 12 Juni berpotensi jadi tanggal dimulainya kembali kompetisi, tentu dengan protokol kesehatan ketat dan harus menunggu persetujuan pemerintah. Ramos berharap LaLiga dapat kembali bergulir lagi, cepat atau lambat.

"Tentu butuh waktu. Negara ini membutuhkan sepakbola untuk menggerakkan ekonomi dan orang-orang di sini butuh distraksi," kata Ramos kepada Movistar.

"Saya sangat ingin kembali bermain, LaLiga berjalan normal. Namun, kita harus tetap disiplin sehingga kita bisa mengalahkan virus ini. Saya juga ingin memberikan dukungan kepada mereka yang telah kehilangan orang-orang yang dicintai. Kita pasti bisa melewati ini bersama-sama.,”kata Ramos.

Ramos menambahkan, LaLiga bisa berkaca pada Bundesliga Jerman yang akan bergulir lagi pada 16 Mei. Saat ini, tim-tim LaLiga sudah menjalankan latihan individual sembari tetap mematuhi protokol kesehatan.

"Berlatih di Valdebebas secara terpisah-pisah tentu sedikit aneh, tapi inilah yang harus kami lakukan. LaLiga yang akan mengambil keputusan akhir. Jerman sudah memberikan contoh untuk diikuti," kata Ramos.

Sementara itu, Presiden LaLiga Javier Tebas juga meminta para pemain untuk menjaga kondisi menjelang bergulirnya kembali kompetisi, paling cepat pada 12 Juni.

Sebelumnya, Tebas mengkritik Liga Belanda dan Liga Prancis yang menghentikan kompetisi. Menurutnya, bermain sepakbola di tengah pandemi virus corona memiliki risiko bahaya lebih kecil daripada memancing di laut lepas.

"Risiko seminimal mungkin selama pertandingan. Saya meminta agar protokol kesehatan diikuti untuk mencegah penularan,” ucap Tebas kepada El Partidazo, Minggu (10/5).

Meski begitu, Tebas belum bisa memastikan kapan tepatnya kompetisi kembali bergulir. Belum ada keputusan resmi. Menurut Tebas, pihaknya harus mendapatkan persetujuan otoritas kesehatan.  “Ya, kami memiliki kewajiban untuk mengembalikan aktivitas ekonomi setelah krisis ini,” tutur Tebas. *

loading...

Komentar