nusabali

Indonesia Diminta Benahi Stadion Piala Dunia U-20

  • www.nusabali.com-indonesia-diminta-benahi-stadion-piala-dunia-u-20

JAKARTA, NusaBali
Persatuan Sepak Bola Seluruh Indonesia (PSSI) menyatakan, FIFA meminta Indonesia untuk fokus membenahi enam stadion tempat pelaksanaan Piala Dunia U-20 tahun 2021.

Enam stadion itu terletak di enam kota, yang juga dimintas FIFA untuk diutamakan. Yakni, Jakarta, Bogor, Yogyakarta, Surakarta, Surabaya dan Bali.

Dikutip dari laman PSSI di Jakarta, Senin (11/5), PSSI mengatakan, FIFA ingin agar semua persiapan stadion dan lainnya selalu diawasi serta dikerjakan dengan maksimal, walau saat ini ada pandemi penyakit virus corona (Covid-19).

Pelaksana tugas Sekretaris Jenderal PSSI Yunus Nusi mengatakan, instruksi FIFA tersebut diberikan saat PSSI dan FIFA mengadakan rapat virtual pada hari Senin (11/5) siang Wita.

Meski demikian, PSSI sendiri belum mengumumkan secara resmi enam stadion yang akan dipakai di Piala Dunia U-20 tahun 2021. Namun, FIFA menyebutkan, sesuai proposal pengajuan tuan rumah, yakni wilayah Jakarta, Bogor, Yogyakarta, Surakarta, Surabaya dan Bali diutamakan jadi tempat pelaksanaan Piala Dunia U-20 tahun 2021.

Surat FIFA bertanggal 14 April 2020 itu ditandatangani Chief Tournaments and Events Officer Colin Smith. PSSI, dalam pertemuan itu diwakili Yunus dan wakil Sekretaris Jenderal PSSI Maaike Ira Puspita, pun berjanji melaksanakan permintaan FIFA.

FIFA sendiri mengutus Head of Youth Tournament Roberto Grassi, Men's Tournament Manager Christian Schmolzer dan Youth Tournament Coordinator Gian Keller untuk berbicara jarak jauh dengan PSSI.

"Ketua Umum PSSI mengarahkan kami agar segera melaporkan ke Kementerian terkait tentang hasil rapat FIFA dan PSSI ini," kata Yunus.

Sebagai informasi, ada 11 stadion yang ditetapkan PSSI sebagai kandidat arena Piala Dunia U-20 2021, yaitu Stadion Utama Gelora Bung Karno (Jakarta), Stadion Pakansari (Bogor), Stadion Manahan (Surakarta), Stadion I Wayan Dipta (Bali), Stadion Gelora Bung Tomo (Surabaya), Stadion Mandala Krida (Yogyakarta), Stadion Gelora Sriwijaya (Palembang), Stadion Wibawa Mukti (Bekasi), Stadion Patriot Candrabhaga (Bekasi), Stadion Si Jalak Harupat (Bandung) dan Stadion Utama Riau (Pekanbaru). Selain soal stadion, Yunus melanjutkan, dalam kesempatan itu ia juga melaporkan persiapan penyelenggaraan Piala Dunia U-20 2021 di Indonesia. *ant

Komentar