nusabali

Pemuda asal Seririt Bantu Petani Lewat Marketplace

  • www.nusabali.com-pemuda-asal-seririt-bantu-petani-lewat-marketplace

PasarBali.id menjembatani petani, peternak, nelayan, atau siapa saja yang ingin hasil produknya lebih mudah dipasarkan kepada konsumen.

DENPASAR, NusaBali
Di tengah mewabahnya Covid-19, ternyata ada sisi lain yang positif jika dilihat dari sudut pandang yang berbeda. Seperti yang dilakukan Putu Nandito Narayana, pemuda yang membikin marketplace untuk menjual produk-produk lokal Bali bernama PasarBali.id.
Pemuda asal Banjar Uma, Desa Patemon, Kecamatan Seririt,  Kabupaten Buleleng ini mengembangkan PasarBali.id bersama timnya dari Individual Bali Hospitality dan Tridatu Solution untuk menjembatani petani, peternak, nelayan, atau siapa saja yang ingin hasil produknya lebih mudah dipasarkan kepada konsumen.

Hal ini senafas dengan imbauan pshycal distancing dari pemerintah di tengah pandemi Covid-19. "Salah satu tujuannya ya mengurangi kerumunan, terutama ketika belanja bahan kebutuhan pokok," ujarnya, Minggu (10/5/2020) saat dihubungi NusaBali.

Marketplace yang diluncurkan 16 April 2020 lalu ini menawarkan pemesanan bahan kebutuhan pokok melalui website atau WhatsApp. "Kalau lewat website itu tertera produk dan informasi berat, asal, dan harga," papar pria yang akrab disapa Nando ini. "Pembayaran melalui transfer atau Cash On Delivery (COD)," tambahnya.

Ia mengimbuhkan, setelah pesanan dikonfrmasi akan diproses dan dikrimkan secepat mungkin. Untuk pengirimannya pihaknya menggandeng kerja sama dengan salah satu penyedia jasa ojek online. "Kami juga menggandeng mitra driver pariwisata yang dirumahkan untuk mengantarkan pesanan," katanya.

Unruk pengadaan produk, pihaknya menjalin mitra dengan petani yang dikumpulkan di kantor PasarBali.id yang terletak di kawasan Kerobokan, Kuta Utara, Badung. Sistem pengadaannya, ada yang diantar oleh petani langsung dan ada yang dijemput oleh tim PasarBali.id. "Saat ini, sejumlah petani yang memasarkan produknya di PasarBali.id jaraknya relatif dekat dengan kantor. Kami juga tengah menyiapkan skema mitra PasarBali.id yang nantinya akan tersebar di hampir seluruh Bali," ucapnya lagi.  

Meski harga yang ditawarkan sedikit lebih mahal, ia mengklaim masih kompetitif dengan produk yang dijual di pasar konvensional. "Alasannya karena kami sangat selektif memilih produk untuk menjamin kualitas kepada pelanggan," kata Nando.

Produk-produk yang dijual di PasarBali.id sendiri antara lain sayur, buah, ikan, ayam, kopi, hingga bumbu dapur. Rencananya mereka bakal meluncurkan aplikasi PasarBali.id agar lebih mudah diakses melalui gadget pada akhir Mei nanti.*cr75

Komentar