nusabali

Kasek Berprestasi Terbitkan Antologi Puisi

  • www.nusabali.com-kasek-berprestasi-terbitkan-antologi-puisi

AMLAPURA, NusaBali
Juara Lomba Penulisan Puisi Guru Tingkat Provinsi Bali Tahun 2019 yang juga Kasek SD Negeri 1 Selumbung, Ida Ayu Wayan Sugiantari, terbitkan buku antologi puisi.

Bukunya berjudul ‘Hari Kedua Puluh Sembilan di Bulan April’. Buku setebal 61 halaman itu berisi kumpulan 50 puisi. Penulis puisi, Ida Ayu Wayan Sugiantari, mengaku punya alasan khusus pemilihan judul ‘Hari Kedua Puluh Sembilan di Bulan April’. Menurutnya, judul itu punya dua makna sangat penting yang tidak mungkin terlupakan sepanjang hayatnya. Pertama, mengenang hari kelahirannya 29 April 1983, kedua mengenang ibu kandungnya Ida Ayu Made Rai, yang meninggal pada 29 April 2013. Sehingga dalam buku itu ada dua puisi berjudul ‘Hari Keduapuluh Sembilan di Bulan April. Kedua puisi andalan itu ditempatkan pada puisi pertama dan terakhir di halaman 50. “Lima puluh kumpulan puisi ini hasil karya sejak tahun 1999, semasih duduk di kelas III SMPN 2 Abang,” ungkap Dayu Sugiantari, Senin (11/5).

Sebanyak 50 puisi itu merupakan catatan memori sepanjang hidupnya, mengisahkan tentang hujan, warna di sore hari, hingga tentang gaun kebaya perempuan. Puisi-puisi lainnya yakni Senja Teduh dan Tiga Belas Catatan di Papan Tulis, Hujan Hilang di Halaman, Perahu Kertas, Membagi Senja, Memanggil Angin, Memoar, Laron, Satire, dan lainnya. Selama di SMPN 2 Abang tahun 1999 hingga SMAN 2 Amlapura tahun 2001, aktif menulis puisi. Setelah kuliah di FKIP Unud Singaraja sempat jeda. Kemudian aktif lagi di tahun 2019 sejak menjabat Kasek di SDN 1 Selumbung, Kecamatan Manggis. “Puisi hasil karya saya lebih banyak tentang memori hidup. Proses terbitnya cukup lama, dan cita-cita agar mampu menerbitkan buku,” jelas ibu tiga anak ini.

Dayu Sugiantari berharap mampu meningkatkan pendidikan literasi di kalangan siswa SD. Apalagi di sekolah yang dipimpinnya telah mendirikan perpustakaan ramah anak sejak 17 Desember 2019. Buku puisinya diterbitkan Mahima Institute Indonesia dan tatakala.co. Sampul digarap Bakti Wiyasa, perwajahan sampul dan tata letak oleh Manik Sukadana. *k16

Komentar