nusabali

10.430 KK Terima BLT Kabupaten

  • www.nusabali.com-10430-kk-terima-blt-kabupaten

SEMAPURA, NusaBali
Pemkab Klungkung sudah mendata 10.430 kepala keluarga (KK) akan menerima Bantuan Langsung Tunai (BLT) dari APBD Klungkung.

KK ini merupakan warga terdampak Covid-19 atau Corona, namun belum mendapat bantuan dari Pusat, desa dinas, dan desa adat. Namun data KK ini masih bersifat sementara karena akan diverifikasi untuk menghindari penerimaan bantuan ganda.

BLT kabupaten dimaksud Rp 600.000/KK per bulan, diterima selama tiga bulan. Penyalurannya bisa sekalian tiga bulan Rp 1,8 juta. Bupati Klungkung I Nyoman Suwirta mengatakan, persyaratan penerima BLT kabupaten mirip dengan BLT Dana Desa. Di antaranya, terkena PHK (pemutusan hubungan kerja), tidak pernah terdata, dan rentan penyakit menahun. Serta tidak tercatat sebagai penerima bantuan dari pusat seperti PKH (Program Keluarga Harapan), BPNT (Bantuan Pangan Non Tunai), dan Penerima Kartu Pra Kerja. "Termasuk tidak menerima bantuan BLT Dana Desa, ataupun bantuan dari Desa Adat," ujarnya.

Bupati asal Dusun Ceningan, Desa Lembongan, Kecamatan Nusa Penida ini menambahkan tidak semua pekerja yang mengalami PHK maupun dirumahkan menerima bantuan tersebut. Bupati mencontohkan jika ada warga yang kena PHK, namun mampu/kaya dan masih punya tabungan agar tidak menerima bantuan. "Desa harus teliti mendata agar bantuan ini tetap sasaran," ujarnya. Penyaluran BLT bisa dilakukan Mei 2020.*wan

loading...

Komentar