nusabali

Kodam IX/Udayana Kembali Tangani 133 Repatriasi PMI

  • www.nusabali.com-kodam-ixudayana-kembali-tangani-133-repatriasi-pmi

DENPASAR, NusaBali
Kodam IX/Udayana kembali mengamankan kepulangan 133 orang Pekerja Migran Indonesia (PMI) di Bandara Internasional I Gusti Ngurah Rai, Tuban, Kuta, Badung, Sabtu (9/5).

Sebelumnya Kodam IX/Udayana menangani kepulangan ratusan PMI dari Srilanka dan Maladewa serta ABK Kapal Pesiar MV Quantum Of The Seas.


Hal ini diungkapkan Kapendam IX/Udayana Kolonel Kav Jonny Harianto G dalam rilis tertulisnya pada Minggu (10/5). Dikatakannya, repatriasi ratusan orang PMI yang dilakukan secara bertahap tersebut merupakan ABK Kapal Pesiar Dream Explorer, Jewel of The Seas, dan Celebrity Constellation yang datang melalui Jakarta. “Kepulangan para PMI tersebut dikarenakan semakin meningkat penyebaran virus Corona (Covid-19) di seluruh dunia,” tuturnya.

Ratusan PMI ini diperbolehkan pulang ke tempat asalnya masing-masing setelah menjalani sejumlah pemeriksaan ketat oleh tim kesehatan di Pelabuhan Jakarta International Container Terminal (JICT) Tanjung Priok, Jakarta.

“Begitu keluar dari pesawat, mereka langsung diperiksa kesehatannya di Pos Pemeriksaan Kesehatan Kedatangan Domestik. Selanjutnya petugas KKP dan Satgas Penanggulangan Covid-19 dari Prajurit Denkav 4/SP Kodam IX/Udayana melakukan pengamanan dan pemeriksaan suhu tubuh serta wawancara singkat terkait riwayat perjalanan penumpang,” tutur Kapendam.

Selanjutnya, seluruh PMI dibawa menuju Lembaga Penjaminan Mutu Pendidikan (LPMP) Niti Mandala Denpasar menggunakan bus yang telah disiapkan oleh Satgas Penanggulangan Covid-19 Provinsi Bali. Selanjutnya mereka dikarantina dan didata kembali.

“Dalam hal ini Kodam IX/Udayana akan tetap melakukan pengawasan terhadap repatriasi PMI maupun warga yang bepergian, khususnya pengawasan dan pengamanan di pintu masuk bandara maupun pelabuhan yang lebih diperketat,” tegas Kapendam.

Kapendam juga mengungkapkan bahwa pihaknya akan selalu melaksanakan koordinasi dengan pihak-pihak terkait lainnya yang tergabung pada Satgas Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Provinsi Bali, guna mencegah dan menekan maupun memutus rantai penyebaran Covid-19 di Indonesia khususnya di Provinsi Bali. *pol

Komentar