nusabali

'Garis Depan', Persembahan Dialog Dini Hari untuk Tenaga Medis

  • www.nusabali.com-garis-depan-persembahan-dialog-dini-hari-untuk-tenaga-medis

Perjuangan tenaga medis menghadapi pandemi Covid-19 hingga tidak bisa pulang ke rumah diapresiasi lewat sebuah lagu.

DENPASAR, NusaBali
Selang tiga pekan sejak dirilisnya single 'Kulminasi II', Dialog Dini Hari kembali merilis single baru bertajuk 'Garis Depan'. Single ini merupakan persembahan trio Dadang Pranoto (vokal dan gitar), Brozio Orah (bas dan synthesizer), dan Deny Surya (drum) kepada tenaga medis yang berjuang di garis depan memerangi pandemi Covid-19.

“Ada beberapa temanku dokter dan paramedis yang sudah terlalu lama nggak pulang ke rumah,” tutur Dadang Pranoto, vokalis Dialog Dini Hari, dalam keterangan resmi yang diterima NusaBali, Jumat (8/5/2020). Ia menuturkan perjalanan peristiwa dunia hari ini punya banyak sisi.

Perkembangan persoalannya juga membuat unit folk asal Pulau Dewata ini secara kolektif terus bergumul dengan isu-isu yang sama. Tentang persoalan umat manusia ditanggulangi, sekaligus melihat ke depan dan terus menghidupi harapan untuk dunia yang lebih baik dari hari ini. “Aku ingat dulu ketika sibuk tur, main di sana-sini, itu butuh waktu lama untuk bengong di rumah biar dapat ide untuk karya baru. Dan ketika band nggak ada kesibukan lain, waktunya dipakai untuk ngobrol dan diskusi. Akhirnya bikin sesuatu," kata musisi yang akrab disapa Pohon Tua ini.

Perilisan 'Garis Depan' merupakan 'bocoran' album baru mereka yang sedang digarap bertajuk 'Setara'. Album EP ini direncanakan dirilis pada Juni 2020 mendatang. "Bisa mundur, bisa juga tepat waktu. Namanya juga kesenian, yang selalu berjalan paralel dengan ketidakpastian," sambungnya.

Ia mengatakan, 'Kulminasi II' awalnya diniatkan sebagai sebuah single lepas, namun ternyata berkembang melahirkan single lagi. “Karena ngobrol dan diskusi itu tadi, dari satu lagu jadi dua lagu, jadi tiga lagu dan seterusnya. Prosesnya terus berlangsung,” terang Pohon Tua.  

“Kayaknya juga, kami masih punya banyak api yang tertahan paska Parahidup rilis tahun lalu,” imbuhnya lagi. “Itu yang juga membuat kami terus menulis,” tambahnya. Parahidup sendiri merupakan album penuh ketiga Dialog Dini Hari yang dirilis tahun 2019.

'Garis Depan' masih diproduksi di bawah naungan label rekaman Rain Dogs Reocrds. Sama halnya dengan 'Kulminasi II', ilustrasi sampul untuk single ini juga masih dikerjakan oleh ilustrator Cempaka Surakusumah. Proses mixing dikerjakan di Lengkung Langit Studio dan mastering di Posko Studio oleh Deny Surya.

Serangkaian lagu di EP ini digarap dengan metode yang mengharuskan mereka merespons situasi yang ada. Ketiganya bekerja dari studio rumah masing-masing, meminimalisir komunikasi fisik dan mengubahnya jadi serangkaian obrolan virtual. Proses rekaman dilakukan masing-masing personel di rumahnya selama bulan April 2020.*cr75

Komentar