nusabali

Libatkan Trie Utami, Ope Rilis Lagu 'Indonesia Kuat'

  • www.nusabali.com-libatkan-trie-utami-ope-rilis-lagu-indonesia-kuat

Single penyemangat dan menebarkan energi positif di saat Covid-19 melanda ini juga melibatkan musisi nasional, Trie Utami.

DENPASAR, NusaBali
Bagi sebagian musisi, pandemi Covid-19 dapat mendatangkan inspirasi untuk berkarya. Salah satunya oleh musisi asal Klungkung, Taufik Hidayat. Penyanyi yang akrab disapa Ope ini merilis lagu bertajuk 'Indonesia Kuat'.  Musisi berusia 31 tahun ini memang cenderung terinsiprasi dari hal-hal yang dilihatnya sehari-hari.

Lagu yang diciptakan bersama Octav Sicilia ini digadang-gadang mampu memberikan pengaruh positif kepada pendengarnya di tengah pandemi. “Saya ingin menyuguhkan energi positif lewat lagu ini, supaya semua masyarakat tahu bahwa kita akan baik-baik saja di tengah dunia yang sedang tidak baik-baik saja," kata Ope, Kamis (7/5/2020).

Lagu berdurasi tiga menit ini dikemas dengan sedikit wejangan dalam bentuk narasi pada permulaan lagu yang disuarakan oleh Kang Abel. Semuanya dikemas secara apik oleh Chaerul Adjam saat rekaman dan mixing di Antida Music Productions, Denpasar. Sedangkan proses mastering diserahkan sepenuhnya kepada Deny Surya.

Dalam lagu ini, Ope juga melibatkan sederet musisi ternama. Di antaranya Trie Utami yang mengisi vokal perempuan; Zio (Dialog Dini Hari) yang mengisi bass pada lagu ini; Andreas yang mengisi accordion dan violinnya; Mula Rambe dan Octav yang mengisi gitar. Keterlibatan Trie Utami sendiri berawal dari ajakan Anom Darsana kepada eks vokalis Krakatau Band tersebut.  Trie Utami yang berada di Jakarta pun tanpa berlama-lama mengisi bagian lagunya, dan mengirimkan rekamannya ke Anom Darsana. 

Sementara itu, Anom Darsana pemilik Antida Music Productions menyampaikan, meski di tengah situasi dunia saat ini, mereka tetap ingin memberikan kontribusi karya kepada khalayak umum. "Dengan memfasilitasi musisi yang tetap semangat berkarya seperti Ope. Kami percaya wabah akan berlalu, tetapi karya tidak akan berlalu," katanya.

“Di samping support yang luar biasa dari musisi-musisi tanah air, saya juga begitu terhenyak dengan proses kreatif yang muncul dalam penggarapan lagu ini. Kami tidak dapat berkumpul untuk rekaman, sehingga masing-masing file harus dikirim dan diisi sendiri oleh musisi yang terlibat," ungkap Anom.

'Indonesia Kuat' sendiri merupakan single ketiga milik Ope. Sebelumnya ia pernah merilis dua single lain bertajuk “Pelangi Setelah Hujan” (2019) dan “Pulang” (2020). Lagu barunya ini kini bisa dinikmati di kanal YouTube dan sejumlah platform musik digital lainnya sejak Selasa (5/5/2020) lalu.*cr75

Komentar