nusabali

Trio Subawa, Rai Wiranata, Gunawan Dapat SK Wantimbang

Rekonsiliasi di Golkar Bali Berlanjut

  • www.nusabali.com-trio-subawa-rai-wiranata-gunawan-dapat-sk-wantimbang

DENPASAR, NusaBali
Rekonsiliasi kepengurusan DPD I Golkar Bali di bawah kepemimpin duet Ketua DPD I Golkar Bali, Nyoman Sugawa Korry, dan Sekretaris DPD I Golkar Bali, Made Dauh Wijana, berlanjut.

Sejumlah kader senior yang selama ini ‘berseberangan’ dengan DPD I Golkar Bali karena prahara pemberangusan 6 Ketua DPD II Golkar Kabupaten dirangkul masuk kepengurusan Dewan Pertimbangan (Wantimbang) Golkar Bali.

Dalam kepengurusan Wantimbang tersebut trio kader senior Anak Agung Ngurah Rai Wiranata, I Wayan Subawa, I Wayan Gunawan masuk di dalamnya sebagai pengurus Wantimbang.  I Wayan Subawa adalah kader senior Golkar Bali yang juga Bendesa Adat Pagan, Kecamatan Denpasar Timur. Subawa yang juga Ketua DPD MKGR (Musyawarah Kekeluargaan Gotong-royong) Provinsi Bali, yang merupakan organisasi sayap Partai Golkar menjabat Wakil Ketua Wantimbang dengan Wayan Gunawan. 

Sementara Anak Agung Ngurah Rai Wiranata politisi asal Puri Kesiman, Denpasar diposisikan sebagai Sekretaris Wantimbang. Gunawan politisi asal Desa Batur, Kecamatan Kintamani, Bangli korban diberangus dari jabatan Ketua DPD II Golkar Bangli, ketika era Plt Ketua DPD I Golkar Bali, Gede Sumarjaya Linggih alias Demer. Sementara Subawa dan Rai Wiranata sebelumnya sudah lebih dulu berseberangan dengan kubu Demer. Subawa di-reshuffle dari kepengurusan, sementara Rai Wiranata memilih ‘oposisi’ dengan mengkritisi setiap kebijakan Demer.

Nah pasca Musda DPD I Golkar Bali, di mana Demer sebagai calon kuat memilih mundur dari pencalonan hingga Sugawa Korry terpilih sebagai Ketua DPD I Golkar Bali periode 2020-2025 dimulai rekonsiliasi di tubuh Golkar dengan merangkul yang berada di garis oposisi. 

Sumber NusaBali di Golkar menyebutkan dirangkulnya trio kader senior Rai Wiranata, Subawa dan Gunawan menjadi simbol rekonsiliasi yang dilakukan Kabinet Rekonsiliasi pimpinan Sugawa Korry. "Ketua Wantimbang dipimpin I Gusti Ngurah Alit Yudha tokoh Golkar Bali asal Puri Carangsari, Kecamatan Petang, Kabupaten Badung. Trio kader senior Rai Wiranata, Subawa, Gunawan dirangkul. Rai Wiranata juga dekat dengan Alit Yudha. Jadi hukum konektivitas dan kekerabatan berlaku di sini," beber kader senior Golkar Bali.

Kader senior yang wanti-wanti namanya ditulis di media juga mengatakan selain Subawa sebagai Wakil Ketua, beberapa deretan tokoh Golkar masuk sebagai Wakil Ketua Wantimbang. Ada kader senior Gede Wiratha pengusaha yang selama ini karatan di Golkar Bali. Gede Wiratha relatif fleksibel di Golkar, karena tidak ada kepentingan politik. Selain itu ada juga masuk jajaran Wantimbang Anak Agung Ayu Suryaningsih yang notabene istri dari Tjokorda Pemecutan XI. Direkrutnya Suryaningsih di posisi Wantimbang disebut-sebut untuk meredam sikap vokal Tjok Pemecutan terhadap elite dan kebijakan Golkar Bali. "Apalagi Tjok Pemecutan berseberangan dengan Ketua Wantimbang terpilih Alit Yudha," tegas kader senior tersebut.

Benarkah? Ketua DPD I Golkar Bali. Nyoman Sugawa Korry. dikonfirmasi NusaBali, Sabtu (9/5) mengatakan Surat Keputusan Wantimbang memang sudah resmi diterbitkan DPD I Golkar Bali. "Sudah, sudah ada SK-nya," ujar Sugawa Korry.

Pihaknya sudah meminta Sekretaris DPD I Golkar Bali, Dauh Wijana, menindaklanjuti untuk penyerahan SK Wantimbang yang sudah diterbitkan DPD I Golkar Bali. "Sekretaris DPD I saudara Dauh Wijana yang menyampaikan ke Rai Wiranata nanti. Hubungi Pak Dauh Wijana," ujar politisi senior Golkar yang juga Wakil Ketua DPRD Bali ini.

Secara terpisah Dauh Wijana dihubungi NusaBali mengatakan komunikasi soal kepengurusan Wantimbang DPD I Golkar Bali sudah dilakukan dengan Rai Wiranata. "Sudah kita komunikasikan dengan Rai Wiranata. Senin pekan depan SK Wantimbang Golkar Bali akan kita serahkan. Kalau untuk pelantikan secara seremonial akan diagendakan sesegera mungkin. Kondisi saat ini pandemi Covid-19 mungkin belum bisa, karena imbauan pemerintah kan tidak boleh berkumpul dan berkerumun," ujar politisi asal Desa Tegallalang, Kecamatan Tegallalang Gianyar.

Sementara Rai Wiranata dikonfirmasi NusaBali, secara terpisah Sabtu kemarin membenarkan SK Kepengurusan Wantimbang Golkar Bali sudah keluar dari DPD I Golkar Bali. "Saya baru diinformasikan secara lisan oleh Dauh Wijana per hari ini (kemarin,red). Penyerahan SK belum sih dilaksanakan," ujar  mantan Wakil Ketua Komisi IV DPRD Bali periode 2004-2009 ini.

Apa program Wantimbang ke depan? "Ya saya belum bisa komentar apa nanti program Wantimbang ke depan. Kan harus ada Ketua Wantimbang (Alit Yudha) juga nanti ketika penyerahan SK. Yang jelas kita siap mengabdi untuk kemajuan Partai Golkar. Tunggulah supaya SK diserahkan dulu," ujar Rai Wiranata.

Sebelumnya diberitakan kabinet rekonsoliasi DPD I Golkar Bali 2020-2025 pimpinan Nyoman Sugawa Korry mulai memberikan arena kepada I Wayan Muntra, kader yang sebelumnya diberangus dari jabatan Ketua DPD II Golkar Badung. Wayan Muntra ditunjuk pimpin Satgas Konsultasi dan Bantuan Hukum Covid-19 Golkar Bali, yang beranggotakan sejumlah advokat.

Pengukuhan Wayan Muntra sebagai Ketua Satgas Bantuan Hukum Covid-19 Golkar Bali ini telah dilakukan di Wantilan Kantor Sekretariat DPD I Golkar Bali, Jalan Surapati Nomor 9 Denpasar, Jumat (8/5) siang. Pengukuhan dilakukan oleh Ketua DPD I Golkar Bali Nyoman Sugawa Korry, didampingi Sekretaris DPD I Golkar Bali Made Dauh Wijana.

Satgas Bantuan Hukum Covid-19 Golkar Bali yang dikukuhkan kemarin berkekuatan 20 advokat, sebagian merupakan kader Beringin. Dalam lembaga ini, Wayan Muntra---yang kini yang menjabat Wakil Ketua Bidang Badan Hukum dan HAM DPD I Golkar Bali---didampingi Dewa Ayu Putu Sri Wigu-nawati, advokat yang juga Wakil Sekretaris DPD I Golkar Bali, selaku Wakil Ketua Satgas Bantuan Hukum Covid-19 Golkar Bali. *nat

loading...

Komentar