nusabali

6.465 Penerima BLT Dana Desa di Tabanan

  • www.nusabali.com-6465-penerima-blt-dana-desa-di-tabanan

TABANAN, NusaBali
Bantuan Langsung Tunai Dana Desa atau BLT-DD mulai cair di Kabupaten Tabanan.

Dana tersebut dibagikan kepada 6.465 penerima manfaat yang terdampak pandemi virus Covid-19 di Tabanan. Penyerahan dilakukan oleh masing-masing desa secara bertahap. Dari 6.465 penerima manfaat, total DD yang dicairkan untuk BLT Rp 11.028.600.00.

Sebaran penerima bantuan yakni di Kecamatan Selemadeg 305, Selemadeg Timur 161, Selemadeg Barat 309, Kerambitan 655, Tabanan 95, Kediri 793, Marga 320, Penebel 1.326, Baturiti 676, dan Pupuan 995. Bahkan penerima manfaat BLT DD ini di depan rumah dipasang stiker

Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (DPMD) Tabanan Roemi Liestyowati, menjelaskan bantuan BLT DD di Tabanan sudah mulai cair. Berdasarkan hasil Musdes (Musyawarah Desa) total penerima BLT di Tabanan 6.465 orang. “Data itu sudah sesuai dengan Musdes di desa–desa masing-masing,” ujarnya, Jumat (8/5).

Kata dia, sesuai dengan arahan pusat penerima manfaat BLT DD ini berlangsung selama 3 bulan (April, Mei, Juni) 2020. Per bulan masing-masing penerima manfaat memperoleh Rp 600.000. “Jumlah yang didapat sudah sesuai dengan arahan pusat,” tegasnya.

Roemi membeberkan masyarakat yang berhak menerima BLT DD ini adalah keluarga miskin kehilangan mata pencarian atau pekerjaan akibat Covid-19, tidak masuk dalam basis data menerima Program Keluarga Harapan (PKH), Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT), kartu Pra Kerja, serta yang mempunyai anggota keluarga yang rentan sakit menahun atau kronis. Kemudian keluarga miskin yang tidak terdata dari kegiatan pendataan Organisasi Perangkat Daerah (OPD). “Persyaratan ini artinya sudah dipikirkan matang-matang di masing-masing desa,” tegasnya.

Dia menambahkan dari 10 kecamatan tersebut ada memang kecamatan sama sekali belum mencairkan BLT DD seperti di Kecamatan Selemadeg Barat, Kecamatan Baturiti dan Kecamatan Pupuan. Hal tersebut tidak masalah karena masih proses.

Salah seorang Perbekel Bengkel Kecamatan Kediri I Nyoman Wahya Biantara mengaku pencairan BLT DD di Desa Bengkel sudah dilakukan. Total ada 14 penerima manfaat yang diberikan. Pencairan yang dilakukan secara non tunai yakni dikirim ke masing-masing rekening. “BLT DD yang April kami baru transfer hari ini (kemarin,Red) mengingat ada beberapa administrasi yang harus diselesaikan. Untuk Mei paling lambat akhir bulan,” ujarnya. *des

Komentar