nusabali

Kapolresta Akui Gangguan Kamtibmas Mulai Terasa

  • www.nusabali.com-kapolresta-akui-gangguan-kamtibmas-mulai-terasa

DENPASAR, NusaBali
Merebaknya wabah Virus Corona (Covid-19) kini mulai berdampak pada kondisi keamanan dan ketertiban masyarakat (Kamtibmas) di wilayah hukum Polresta Denpasar.

Wabah virus yang berdampak terhadap ekonomi ini membuat perusahaan lakukan pemutusan hubungan kerja (PHK) para karyawan ataupun dirumahkan sementara. Hal ini disampaikan oleh Kapolresta Denpasar, AKBP Jansen Avitus Panjaitan, saat kunjungan kerja ke Desa Adat Legian, Kecamatan Kuta, Badung, Jumat (8/5) pagi. Mantan Wakil Direktur Reserse Kriminal Khusus (Wadir Reskrimsus) Polda Papua Barat ini mengaku meningkatnya gangguan Kamtibmas ini seiring sulitnya pekerjaan saat ini. Meski demikian AKBP Jansen mengaku gangguan itu tidak sampai pada titik yang mengkhawatirkan.

"Gangguan Kamtibmas sudah mulai terasa, mulai ada peningkatan ini tidak terlepas dari adanya PHK dan kurangnya lapangan pekerjaan. Untuk itu mari sama sama menjaga lingkungan kita. Saya mengajak masyarakat untuk mematuhi imbauan pemerintah sehingga masalah Civid-19 ini segera berakhir," harap AKBP Jansen.

Dalam kunjungan yang diisi dengan dialog bersama krama Desa Adat Legian ini AKBP Jansen meminta agar masyarakat tidak panik dan takut berlebihan. Informasi terkait Covid-19 harus dipilah. Sumber informasi harus dari Satgas, itu yang akurat. Biar tidak bias bila ada informasi lain/hoax harus diluruskan biar tidak menjadi bias.

Dalam kesempatan itu Ketua LPM Legian, Wayan Puspa Negara, meminta kepada kepolisian untuk meningkatkan patroli. Diharapkan di tengah wabah ini kriminalitas bisa ditekan atau bila perlu tidak terjadi. "Dari segi keamanan kami sangat tergantung kepada kepolisian dan berharap bisa zero crime. Kami berharap bantuan partisipatif dalam menjaga dan koordinasi dapat berjalan dengan baik," harap Puspa Negara.

Menanggapi permintaan dari Ketua LPM, Puspa Negara, Kapolresta AKBP Jansen berjanji untuk memaksimalkan patroli sehingga apa yang diharapkan bersama dapat tercapai. Menurut AKBP Jansen berhasil dan tidaknya langkah-langkah dari kepolisian tidak semata-mata bisa dilakukan sendiri. Polisi membutuhkan informasi dan koordinasi dengan masyakarat.

"Kami dari kepolisian juga perlu informasi dari masyarakat untuk mencegah kriminalitas di lingkungan kita. Patroli pasti akan terus berkesinambungan. Jangan ada ego di antara kita. Mari kita sama-sama menjaga lingkungan dan bertukar informasi," tandas AKBP Jansen. *pol

Komentar