nusabali

DPRD Borong Ikan di Pasar Dadakan

  • www.nusabali.com-dprd-borong-ikan-di-pasar-dadakan

GIANYAR, NusaBali
Kalangan anggota DPRD Gianyar, khususnya dari Fraksi PDIP, ambil langkah bijak dalam gelar pasar ikan dadakan yang digelar Pemkab Gianyar, di halaman Kantor Bupati Gianyar, Kamis (5/5).

Saat banyak ikan masih tersisa, seluruh wakil rakyat yang hadir berebutan beli ikan. Mereka pun bawa pulang ikan antara 3 kg - 6 kg/orang.

Pasar ikan itu digagas Bupati Gianyar I Made ‘Agus’  Mahayastra, untuk membantu memasarkan ikan produksi para petani ikan di Gianyar karena ikan melimpah. Sebelum para anggota DPRD, pembeli ikan adalah kalangan pejabat dan ASN/pegawai Pemkab Gianyar. Sekitar  5 ton ikan terjual dengan total harga  Rp 150 juta lebih. Hadir langsung, Bupati Mahayastra, Sekdakab Gianyar Made Gede Wisnu Wijaya, Ketua Forum Peningkatan Konsumsi Ikan (Forikan) Gianyar Ny. Surya Adnyani Mahayastra, dan para kepala OPD (organisasi perangkat daerah).

Di sela-sela kegiatan, Bupati Mahayastra mengakui pasar ikan ‘dadakan’ ini digelar guna menyelamatkan produk petani ikan di Gianyar. Karena pandemi Corona ini,  seluruh sektor usaha macet hingga ikan ikan tersebut tak terbeli. Di lain sisi, ikan harus diberi pakan di tengah harga pakan makin mahal.

‘Memang, stok ikan di petani sangat melimpah, karena sulit dipasarkan,’’ jelas Kepala Dinas Ketahanan  Pangan, Kelautan dan perikanan (DKPKP) Gianyar Ir Gusti Ayu Dewi Hariani. Hingga Maret 2020, ikan siap dipasarkan jenis Lele 25 ton, Nila 3,7 ton, Patin 2,5 ton dan sisanya Gurami dan Udang masing-masing sekitar 500 kg. Kini di Gianyar ada 82 kelompok pembudidaya ikan (Pokdakan) dengan lahan 66 ha.

Sebelumnya, jelang Hari Raya Galungan, Pemkab Gianyar juga membantu para peternak babi dengan memasarkan daging babi kepada para pegawai. ‘’Mari saling bahu membahu dalam penanggulangan Covid-19 ini,” ajak Bupati Mahayastra.

Bupati berharap mudah-mudahan kegiatan ini dapat membantu para petani ikan di seluruh Gianyar. Menurut Bupati, kegiatan ini juga dapat menggelorakan kembali semangat gemar makan ikan di kalangan masyarakat.

Hal senada ditegaskan Ketua Forikan Gianyar Ny. Adnyani Mahayastra. Dia mengapresiasi kegiatan ini untuk membantu petani ikan dan meningkatkan kembali budaya makan ikan di kalangan masyarakat.

Ketua Fraksi DPRD Gianyar I Ketut Sudarsana mengatakan sebagai wakil rakyat sangat menyambut positif program  Pemkab Gianyar dengan mengajak seluruh ASN membeli ikan. Tidak dipungkiri kegiatan ini sangat membantu petani di tengah keterpurukan ekonomi seperti ini. Menurutnya, masyarakat masih sangat membutuhkan banyak terobosan dari pemerintah dan komponen terkait untuk memulihkan kondisi perekonomian masyarakat karena terdampak Corona ini. ‘’Semoga ada lagi inspirasi baru memulihkan kondisi saat ini,’’ jelasnya.*lsa

loading...

Komentar