nusabali

Stok Gula Pasir Naik Mei-Juni

  • www.nusabali.com-stok-gula-pasir-naik-mei-juni

JAKARTA, NusaBali
Menteri Koordinator (Menko) bidang Perekonomian Airlangga Hartarto mengatakan stok gula pasir dalam negeri diperkirakan meningkat pada Mei dan Juni 2020.

"Diharapkan stok akan meningkat pada Mei dan Juni ini," ujar Menko Perekonomian Airlangga Hartarto, di Jakarta, Selasa (5/5).

Airlangga mengatakan stok gula masih akan ada yang masuk ke pasar dari Bulog sebanyak 25 ribu ton dan stok gula realokasi 140 ribu ton dari rafinasi serta alokasi eksportir ke dalam negeri. Dengan kondisi itu, diharapkan stok gula terus meningkat dan harga akan semakin turun.

Selain itu, Airlangga juga mengatakan stok beras hingga akhir tahun diprediksikan 4,7 juta ton. Airlangga mengatakan Bulog memiliki tugas menjaga lebih dari 1 juta ton cadangan beras pemerintah.

Bulog, kata Airlangga, akan menyerap 900 ribu hingga 1,4 juta ton gabah petani. Di sisi lain dengan adanya program bantuan sosial (bansos) berupa 450 ribu ton beras dari pemerintah, Bulog juga akan menyerap lebih banyak Gabah Kering Giling (GKG) milik petani.

Sementara itu, Menteri Pertanian (Mentan) Syahrul Yasin Limpo mengatakan stok 11 komoditas yakni beras, jagung, bawang merah, bawang putih, cabai besar, cabai rawit, daging sapi, daging kerbau, telur ayam ras, minyak goreng, dan gula pasir diproyeksikan dalam posisi aman hingga Juni.

"Neraca pangan kita sampai Juni dari 11 komoditi, kami yakin dalam kondisi aman dan dalam kendali pemerintah. Mudah-mudahan tidak ada aral melintang distribusi dan dinamika lapangan membuat harga tidak stabil," ujar Yasin Limpo. *ant

Komentar