nusabali

Covid-19, Lomba Layang-layang Ditunda

  • www.nusabali.com-covid-19-lomba-layang-layang-ditunda

DENPASAR, NusaBali
Persatuan Pelayang Indonesia (Pelangi) Bali memilih untuk menunda event tahunan lomba layang-layang yang biasanya digelar pertengahan tahun.

Hal ini dilakukan untuk mengantisipasi kerumunan warga yang biasanya ramai mengikuti maupun menonton layang-layang di kawasan Pantai Padanggalak, Kelurahan Kesiman, Denpasar Timur.  Bendahara Pelangi Bali, I Gusti Ngurah Arya Wardana, Senin (4/5) mengungkapkan pelaksanaan lomba layang-layang Bali ke-42 tahun 2020 sebagai pembuka even tahunan Pelangi Bali di pulau dewata ini, ditunda karena adanya pandemi virus Corona. Penundaan itu sampai batas waktu yang tidak ditentukan kapan Covid-19 ini akan berakhir.

Penundaan event ini sesuai dengan arahan surat edaran Walikota Denpasar untuk tidak membuat kerumunan di masa pandemi Covid-19 ini agar tidak menjadi pemicu penyebaran virus tersebut. “Lomba layang-layang Bali yang telah memasuki usia ke-42, kami tunda sementara waktu. Apalagi sudah ada imbauan dari pemerintah agar menghindari keramaian dan tidak adanya izin untuk keramaian dari kepolisian,'' kata Arya Wardana.

Ditambahkan Arya Wardana, Pelangi Bali awalnya telah membuat jadwal untuk lomba layang-layang Bali yang dilaksanakan di Pantai Padanggalak, Kesiman pada Juni 2020 mendatang setelah Pesta Kesenian Bali (PKB) dan mengisi libur sekolah. ''Rencana awal lomba layang-layang Bali dibuka Pelangi Bali pada Juni mendatang. Setelah Pelangi Bali, baru dilanjutkan dengan lomba layang-layang Pelangi kabupaten/kota di Bali, dan dilanjutkan juga dengan lomba layang-layang yang dibuat seka teruna maupun banjar. Setelah itu, lomba layang-layang ditutup Pelangi Bali,'' ujarnya.

Penundaaan lomba layang-layang Bali yang biasanya melombakan layang-layang kategori janggan, janggan buntut, bebean, bebean big size, pecukan dan kreasi ini, lanjut dia, menunggu meredanya pandemi virus Corona. Jika keadaan telah pulih pada akhir tahun 2020, pihaknya akan menggelar lomba layang-layang Bali.

"Jika nantinya di akhir tahun ini pandemi virus Corona telah hilang dan izin keramaian dikeluarkan, kami pasti mengadakan (lomba layang-layang Bali) untuk para pecinta layang-layang. Untuk saat ini, kami minta kepada sekaa teruna maupun pecinta layang-layang untuk maklum dengan situasi saat ini,'' tandasnya. *mis

Komentar