nusabali

Desa Adat Buleleng Edukasi Pedagang dan Pembeli

  • www.nusabali.com-desa-adat-buleleng-edukasi-pedagang-dan-pembeli

Guna meningkatkan kewaspadaan terhadap Covid-19, maka Pasar Anyar dan Pasar Kebon Sari dijadikan tempat edukasi.

SINGARAJA, NusaBali

Kasus penyebaran Covid-19 pada salah satu pasar di Kabupaten Buleleng beberapa waktu lalu menunjukkan transmisi lokal Covid-19 berpotensi tinggi terjadi di pasar. Mencegah hal itu terjadi di wilayahnya, Desa Adat Buleleng melalui Satuan Tugas (Satgas) Gotong Royong Pencegahan Covid-19 memberikan Edukasi Pencegahan Covid-19 kepada pedagang Pasar Anyar dan Pasar Kebon Sari, Minggu (3/5).

Dalam edukasi itu, Satgas Gotong Royong Desa Adat Buleleng melalui pengeras suara mengimbau kepada seluruh pedagang untuk senantiasa mentaati protokol kesehatan pencegahan Covid-19 yang telah diberikan pemerintah. Arahan tersebut antara lain bagi para pedagang maupun pembeli agar selalu mengenakan masker dan menerapkan Pola Bersih Hidup dan Sehat (PHBS). Selain itu, ditekankan kepada para pedagang agar mentaati jam operasional yang telah ditetapkan, jangan sampai para pedagang membuka kiosnya lebih awal dan belum tutup saat jam operasional sudah berakhir.

Tidak hanya edukasi lisan melalui pengeras suara, Satgas Gotong Royong juga turun langsung ke pasar untuk mengingatkan para pedagang maupun pembeli untuk menjalankan imbauan yang telah diberikan baik dalam penggunaan masker maupun penerapan PHBS.

Dikutip laman Pemkab Buleleng, Kelian Desa Adat Buleleng I Nyoman Sutrisna mengatakan kegiatan yang dilakukan bersama pihak TNI, Kepolisian, PD Pasar, dan Kecamatan ini bertujuan untuk kembali mengingatkan masyarakat di pasar akan pentingnya mentaati protokol kesehatan pencegahan Covid-19. Karena dari pengamatan di lapangan Sutrisna melihat masyarakat sudah memakai masker dan menerapkan PHBS, namun masih ada beberapa yang belum menjalankannya dengan baik dan benar. Misalnya, Ia mencontohkan masih ada beberapa orang yang mengenakan masker tidak menutupi seluruh bagian hidung dan mulutnya.

Namun secara keseluruhan, Sutrisna mengatakan sebagian besar masyarakat sudah disiplin untuk mengenakan masker. Hal itu tentunya sangat diapresiasi olehnya.  “Pada kesempatan ini saya berterimakasih kepada masyarakat yang mau dikasih tahu kemudian juga yang memenuhi apa yang menjadi arahan pemerintah” tutup Sutrisna.

Sementara itu, Camat Buleleng I Nyoman Riang Pustaka mendukung penuh upaya Satgas Gotong Royong Desa Adat Buleleng untuk mengedukasi masyarakat. Ia berharap Desa Adat dan Desa Dinas selalu bersatu dan bersinergi dalam pencegahan penyebaran Covid-19 khususnya di Kecamatan Buleleng dapan dilakukan dengan maksimal. *

Komentar