nusabali

Navicula Bikin 3.000 Face Shild untuk Disumbangkan

  • www.nusabali.com-navicula-bikin-3000-face-shild-untuk-disumbangkan

Gandeng Yayasan Kopernik, donasi yang berhasil dikumpulkan Navicula saat ‘konser online’ diwujudkan untuk memproduksi face shield.

DENPASAR, NusaBali
Navicula bersama Yayasan Kopernik memproduksi Alat Pelindung Diri (APD) berupa face shield atau tirai penutup wajah untuk disumbangkan dan digunakan ke tenaga medis yang bertugas menangani pasien Covid-19 di Bali. Mereka membuat face shield sebagai bentuk dukungan pencegahan virus Covid-19 yang saat ini terus meningkat.

Gede Robi, vokalis Navicula mengungkapkan dana yang digunakan untuk memproduksi face shield merupakan hasil penggalangan dana saat mereka menggelar Navicula Corona Concert 2 pada 11 April 2020. Dari dana yang berhasil dikumpulkan saat konser tersebut digunakan untuk pembuatan 3.500 face shield.

"Awalnya, kami berencana kami memproduksi 1.500 face shield dari dana sponsor. Ternyata setelah konser,  dana yang terkumpul cukup untuk memproduksi tambahan 2.000 face shield. Jadi saat ini kita mengejar target membuat total 3.500 face shield," papar Gede Robi, Sabtu, (2/5/2020).
 
Tanpa menyebut nominal yang dikumpulkan saat konser online, Robi mengatakan saat ini  sudah ada 2.516 face shield yang sudah selesai dibuat dan didistribusikan ke sejumlah instansi kesehatan. "Di antaranya ke RSU Buleleng; Puskesmas Kubutambahan I, Singaraja; dan Dinas Kesehatan Klungkung, yakni 2 Rumah Sakit dan 9 Puskesmas," ucapnya.

Dalam proses pendistribusian face shield, mereka bekerja sama dengan Gugus Tugas Percepatan Penanganan (GTPP) Covid-19 Provinsi Bali. "Proses distribusi kami sesuaikan dengan rekomendasi dari GTPP Covid-19 Provinsi Bali yang sudah memetakan mana yang membutuhkan segera face shield ini agar tepat sasaran," jelas Robi.

Ia menyebutkan face shield yang diproduksi sudah sesuai dengan standar medis yang ditentukan. "Sebelumnya kami menyerahkan prototipe ke GTPP Covid-19 Provinsi Bali, Dinas Kesehatan, dan BNPB. Setelah di-approve baru kami produksi secara massal," sambung Robi.

Selain memproduksi face shield, saat ini mereka juga tengah mengerjakan masker kain untuk disumbangkan. Berikutnya mereka berencana memproduksi hand sanitizer berbahan baku arak Bali bulan depan. "Untuk pengumpulan dananya nanti kami juga berencana menggelar konser daring lagi," tutupnya.*cr75

Komentar