nusabali

PPDB di Tabanan Dirancang Sistem Online

  • www.nusabali.com-ppdb-di-tabanan-dirancang-sistem-online

TABANAN, NusaBali
Dampak dari virus Covid-19, Dinas Pendidikan Kabupaten Tabanan merancang Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) sistem online.

Sistem online dirancang sebagai antisipasi jika pada masa pendaftaran siswa baru, kondisinya masih tidak memungkinkan akan diterapkan.

Disdik Tabanan pun masih melakukan penjajakan sistem dengan salah satu provider. Kepala Dinas Pendidikan Tabanan I Nyoman Putra mengatakan saat ini rancangan sistem online tersebut tengah diproses. ‘’Sistem online akan diterapkan jika kondisi darurat pandemi masih berlangsung saat jadwal proses PPDB tahun ajaran 2020/2021," ungkapnya, Jumat (1/5).

Kata dia, sistem online diterapkan jika kondisi pandemi Covid-19 belum mereda. Sehingga PPDB secara online sudah disiapkan dan direncanakan.  Menurut Nyoman Putra pendaftaran sistem online ini kemungkinan saja nanti akan diterapkan di sekolah saja yang dikatakan favorit. Namun, semua itu masih berproses dan dirancang. "Tapi kami berharap pandemi ini segera berakhir, sehingga PPDB bisa dilaksanakan dengan normal seperti biasanya," ujarnya.

Nyoman Putra menekankan, di situasi pandemi ini siswa dan masyarakat seluruhnya diharapkan untuk tetap menerapkan pola hidup bersih dan sehat (PHBS) dan mengikuti imbauan pemerintah dengan menggunakan masker dan jaga jarak. "Semoga semua sehat selalu," ucapnya.

Disinggung mengenai program belajar dari rumah, kata dia, dia mengatakan selama ini sudah berjalan normal. Namun untuk di sejumlah wilayah yang signalnya agak kurang kuat sehingga proses belajar mengajar. "Saya sangat apresiasi dengan semua guru yang tetap aktif melaksanakan pembelajaran di tengah situasi pandemi ini. Meskipun tak bisa seoptimal mungkin, yang jelas sudah berjalan dengan normal," tandasnya. *des

Komentar