nusabali

Pasokan dan Distribusi Lancar, Sembako Stabil

  • www.nusabali.com-pasokan-dan-distribusi-lancar-sembako-stabil

DENPASAR,NusaBali
Pasokan yang memadai serta distribusi yang memadai menjadikan harga barang kebutuhan pokok stabil. Malah beberapa komoditas mengalami penurunan harga.

Di antaranya gula pasir. Setelah cukup lama bertahan dengan harga Rp 18.000 perkilogram, harga gula pasir mulai turun. Harga gula pasir Senin (27/4) Rp 17.750  per kilogram dari sebelumnya Rp 18.500 per kilogram.

Selain gula pasir, beberapa komoditas barang kebutuhan pokok juga mengalami penurunan  harga, karena pasokan yang memadai dan distribusi yang relatif lancar. Barang kebutuhan pokok yang harganya turun, selain gula pasir adalah daging ayam broiler dari Rp 27.500 perkilogram hari sebelumnya menjadi Rp 26.625 perkilogram.

Demikian dengan  cabe,khususnya cabe rawit merah harga per kilogram Rp 24.625 dari Rp 25.875 hari sebelumnya. Untuk jenis ikan-ikan juga turun harga signifikan. Dari Rp 91.250 per kilogram menjadi Rp 87.500 per kilogram. Namun demikan  tercatat juga barang kebutuhan pokok yang harganya naik, ialah bawang merah. Sebelumnya Rp 44.125 per kilogram, Senin kemarin tercatat Rp 44.750 perkilo.

Kepala Dinas Perdangangan dan Perindustrian I Wayan Jarta, menyatakan secara umum pasokan maupun distribusi barang kebutuhan pokok aman. Malah beberapa yang sudah mulai turun. Salah satunya gula pasir. Padahal harga gula pasir sempat lama bertengger di posisi Rp 18.000 sejak sekitar tiga bulan lalu. “Kami kira, gula pasir dalam minggu ini sudah turun merata seluruhnya,” ujar Jarta.

Kalaupun  masih ada harga gula eceran yang harganya lebih tinggi dari rata- rata harga Senin kemarin, bisa dipahami karena pedagang sebelumnya membelinya juga dengan harga yang lebih tinggi. “Namun saya kira dalam pekan ini harganya sudah sesuai semua,” jelasnya.

Demikin juga harga barang kebutuhan utama yakni beras masih stabil dengan harga Rp 11.750 perkilogram (beras premium). Sedang harga beras medium Rp 9000 perkilogram dan beras lokal dari Rp 10.000 – Rp 11.000 perkilogram. *k17

Komentar