nusabali

17 Unit Laptop di SMP PGRI 7 Digondol Maling

  • www.nusabali.com-17-unit-laptop-di-smp-pgri-7-digondol-maling

DENPASAR, NusaBali
Saat kegiatan di sekolah dihentikan sementara dan para siswa lakukan pembelajaran dari rumah (learn from home), karena wabah Virus Corona (Covid-19) malah dimanfaatkan untuk beraksi oleh kawanan maling.

Seperti yang terjadi di SMP PGRI 7 di Panjer, Kecamatan Denpasar Selatan. Ruang kelas komputer pada sekolah tersebut diketahui dibobol maling, Minggu (26/4) pukul 06.00 Wita. Sebanyak 17 unit laptop berbagai merk raib digondol maling yang diduga lebih dari satu orang ini.

Peristiwa kemalingan di lingkungan pendidikan ini pertama kali diketahui oleh I Made Wija, 55. Pria yang bekerja sebagai waker di sekolah tersebut datang hendak mematikan lampu dan bersih-bersih. Saat itu Made Wija melihat kerusakan di ruangan komputer. Hal itupun dilaporkannya kepada temannya, I Wayan Mundra, 57.

"Saat kedua saksi melihat ke dalam ruangan diduga ada laptop yang hilang. Lalu mereka lapor kepada salah seorang guru di sekolah itu bernama I Nyoman Budi Suartika, 52. Setelah dicek ternyata benar ada 17 laptop yang hilang. Kejadian itupun dilaporkan ke Polsek Denpasar Selatan," tutur Kasubbag Humas Polresta Denpasar, Iptu Ketut Sukadi, Senin (26/4).

Menerima laporan korban, petugas Unit Reskrim Polsek Denpasar Selatan mendatangi lokasi untuk melakukan olah TKP dan memeriksa saksi-saksi. Hasil penyelidikan, polisi menduga pelaku lebih dari dua orang. Para pelaku berhasil masuk ke dalam ruangan dengan cara merusak pintu terali.

"Ada 17 unit laptop yang hilang. Rinciannya merk Lenovo 9 unit, merk Toshiba 1 unit, dan Asus 7 unit. Total kerugian diperkirakan Rp 59,5 juta. Saat ini kami masih melakukan pengembangan. Nanti akan diinfokan lebih lanjut," tandas Iptu Ketut Sukadi.

Aksi pembobolan di tengah wabah Covid-19 ini marak terjadi. Sebelumnya pada 31 Maret 2020 di SDN 14 Desa Dangin Puri, Jalan Surapati Nomor 6, Kecamatan Denpasar Timur. Saat itu kawanan maling bobol ruangan kepala sekolah dan ruangan guru. Barang elektronik berupa 3 unit proyektor dan 2 unit laptop raib. Selain itu kejadian pembobolan sejumlah toko modern di Denpasar juga terjadi. *pol

Komentar