nusabali

4 Hotel Dimanfaatkan Tampung 159 PMI

63 PMI di Hotel Jimbarwana Segera Dipulangkan

  • www.nusabali.com-4-hotel-dimanfaatkan-tampung-159-pmi

NEGARA, NusaBali
Pemkab Jembrana kembali menerima kepulangan 32 orang Pekerja Migran Indonesia (PMI), Sabtu (25/4) malam.

Puluhan PMI itu ditempatkan di Hotel Hapel, Desa Baluk, Kecamatan Negara. Kini ada sebanyak 159 orang PMI yang tengah dikarantina Pemkab Jembrana di 4 hotel. Selain 32 PMI yang baru dikarantina tersebut, sebelumnya ada 127 PMI yang telah menjalani karantina di 3 hotel. Yakni 63 orang di Hotel Jimbarwana, Kelurahan Baler Bale Agung, Kecamatan Negara, 21 orang di Hotel Ratu, Kelurahan Pendem, Kecamatan Jembrana, dan 43 orang di Hotel Negara yang juga berada di Kelurahan Pendem, Kecamatan Jembrana.

Humas Gugus Tugas Percepatan Penanganan (Gugas P2) Covid-19 Jembrana dr  I Gusti Agung Putu Arisantha, Minggu (26/4), mengatakan, seluruh PMI yang diserahkan Gugas Provinsi ke kabupaten itu, sebelumnya telah melalui pemeriksaan rapid test dengan hasil negatif Covid-19. Namun sesuai prosedur penanganan Covid-19, para PMI negatif itu diwajibkan mengikuti karantina selama 14 hari dari pihak kabupaten, yang nantinya juga akan dilakukan rapid test kedua. “Sesuai standar, rapid test kedua dilakukan antara 8-10 hari setelah rapid test pertama,” ujarnya.

Menurut Arisantha, setiap PMI yang baru datang ke tempat karantina, juga diperiksa kesehatannya. Seperti dilakukan pemeriksaan suhu tubuh, tensi, pengecekan batuk, pilek, dan kodisi kesehatan umum lainnya.

Sebelumnya pada Sabtu (25/4), menurut Arisantha, juga telah dilaksanakan rapid test kedua terhadap 63 PMI di Hotel Jimbarwana. Hasilnya, sebanyak 63 PMI yang menjalani karantina secara bertahap, yakni 18 orang mulai Rabu (15/4), 42 orang mulai Kamis (16/4), dan 3 orang mulai Jumat (17/4), semuanya dinyatakan negatif. Rencananya mereka akan diperbolehkan pulang ke rumah masing-masing, tepat usai masa karantina 14 hari yang akan jatuh secara bertahap pada Selasa (28/4), Rabu (29/4), dan Kamis (30/4) mendatang. “Besok (hari ini), kami juga akan lakukan rapid test kedua terhadap 21 PMI yang di Hotel Ratu,” ucap Arisantha.

Terkait kasus Covid-19 di Jembrana per Minggu kemarin, Arisantha menjelaskan, belum ada tambahan kasus positif. Secara kumulatif, kasus positif masih tetap 11 orang dengan 5 orang telah dinyatakan sembuh, dan 6 orang masih dalam perawatan (4 orang dirawat di RSU Negara dan 2 orang dirawat di RS PTN Unud). Sedangkan untuk kumulatif PDP di luar 11 pasien positif, ada 14 orang dengan 9 orang dipastikan negatif berdasar pemeriksaan swab, dan 5 orang yang masih dirawat menunggu hasil pemeriksaan swab (kelimanya dirawat di RSU Negara). *ode

Komentar