nusabali

Larang Mudik, Polres Badung Dekati Tokoh Agama

  • www.nusabali.com-larang-mudik-polres-badung-dekati-tokoh-agama

MANGUPURA, NusaBali
Polres Badung melakukan pendekatan kepada para tokoh agama, selain untuk mempererat silaturahmi juga untuk melakukan koordinasi terkait imbauan pemerintah untuk tidak mudik pada Hari Raya Idul Fitri 1441 Hijriyah tahun 2020.

Imbauan itu dikeluarkan oleh pemerintah untuk menekan mobilitas manusia di tengah pandemi virus Corona (Covid-19). Diharapkan melalui tokoh-tokoh terpandang itu maka imbauan untuk tidak mudik oleh pemerintah bisa berhasil.

“Bapak Kapolres seringkali melakukan tatap muka dengan para tokoh agama, baik kiai, ustad, dan tokoh masjid lainnya. Selain untuk silaturahmi juga untuk menyampaikan imbauan pemerintah untuk tidak mudik,” tutur Kabag Ops Polres Badung Kompol Wayan Suana, Minggu (26/4).

Selain melakukan pendekatan dengan para tokoh agama, jajaran Polres Badung juga melakukan kegiatan sosialisasi secara masif. Misalnya, Satlantas melakukan sosialisasi kepada pengguna jalan raya, di pertokoan, dan pasar. Bahkan semua jajaran bahu membahu melakukan sosialisasi.

“Mudik adalah hak semua orang. Kami tidak bisa langsung melarang orang untuk melakukannya. Makanya kami melakukan berbagai upaya. Tujuannya agar masyarakat itu nyaman. Ketika mereka nyaman maka kami sebagai polisi tenang. Sebab kalau masyarakat tidak nyaman pasti terjadi salah paham,” tuturnya.

Melalui langkah-langkah yang telah dilakukan itu, ungkap Kompol Suana, masyarakat tercerahkan. Hal itu terbukti Terminal Mengwi sepi. Terminal tersebut hanya diramaikan oleh penumpang di dalam pulau saja. “Saya berterimakasih kepada masyarakat atas kesadarannya. Ini semua demi kebaikan kita semua. Kita menahan diri dulu untuk tidak mudik dan kita sama-sama lawan Covid-19,” kata Kompol Suana.

Dikatakannya, Polres Badung meningkatkan kegiatan patroli. Dalam hal ini berkoordinasi dengan TNI, Satpol PP, dan instansi lainnya. Patroli menyasar tempat-tempat rawan kriminalitas. “Patroli kami tingkatkan untuk menjaga kenyamanan masyarakat di tengah wabah ini. Tempat-tempat rawan itu misalnya di daerah Kuta Utara dan beberapa titik lainnya,” tandasnya. *pol

Komentar