nusabali

Disalurkan kepada 3.819 Keluarga Penerima Manfaat

Badung Salurkan Paket Sembako Tahap Pertama I

  • www.nusabali.com-disalurkan-kepada-3819-keluarga-penerima-manfaat

MANGUPURA, NusaBali
Pemkab Badung menyerahkan bantuan bahan pangan tahap I secara serentak, Minggu (26/4).

Bantuan diberikan kepada 3.819 keluarga penerima manfaat (KPM) yang terdiri dari rumah tangga sasaran (RTS), penyandang disabilitas, dan warga terdampak langsung virus Corona atau Covid-19.

Sebanyak 3.819 paket sembako disiapkan oleh Dinas Sosial bersinergi dengan Perumda Pasar Mangu Giri Sedana Kabupaten Badung untuk pendistribusian ke enam kecamatan. Rinciannya, Kecamatan Abiansemal sebanyak 1.097 paket, Kecamatan Kuta 103 paket, Kecamatan Kuta Selatan 343 paket, Kecamatan Kuta Utara 279 paket, Kecamatan Mengwi 1.430 paket, dan Kecamatan Petang 567 paket.

Pembagian sembako tahap I tersebut dilakukan secara simbolis oleh Bupati Badung I Nyoman Giri Prasta didampingi Kepala Dinas Sosial I Ketut Sudarsana, Minggu (26/4), di Desa Adat Munggu, Kecamatan Mengwi.

Sementara di tempat lain, pembagian sembako juga dilakukan serentak. Misalnya di Kantor Kelurahan Kuta, Kecamatan Kuta, yang dilakukan oleh Wakil Bupati Badung I Ketut Suiasa didampingi kepala Dinas Koperasi, UKM, dan Perindustrian Badung Made Widiana. Kemudian di Wantilan Desa Adat Sedang, Kecamatan Abiansemal, dilakukan oleh Sekda Badung I Wayan Adi Arnawa.

Di LPD Desa Adat Pelaga, Kecamatan Petang, penyerahannya dipimpin Kepala Dinas Pertanian dan Pangan I Wayan Wijana. Di Wantilan Desa Adat Punggul, Kecamatan Abiansemal, dilakukan oleh Kepala Satpol PP Badung IGAK Suryanegara.

Di Wantilan Desa Sibang Kaja, Kecamatan Abiansemal, dilakukan oleh Kepala Dinas Perikanan Nyoman Suardana. Di Wantilan Pura Prajapati Desa Gulingan, Kecamatan Mengwi, dilakukan oleh Kepala BPBD Badung Bagus Nyoman Wiranata.

Di Wantilan Desa Adat Kapal oleh Kepala Dinas PMD Badung Komang Budhi Argawa. Di Wantilan Pura Dalem Desa Adat Dalung, Kecamatan Kuta Utara, dilakukan oleh Kepala Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Ni Wayan Kristiani. Dan di Wantilan Banjar Taman Grya, Kelurahan Jimbaran, Kecamatan Kuta Selatan, dilakukan oleh Kepala Badan Kesatuan Bangsa dan Politik Kabupaten I Nyoman Suendi.

Bupati Giri Prasta mengatakan, bantuan sembako ditujukan untuk warga yang ekonominya terdampak pandemi Covid-19. Artinya warga yang masuk daftar penerima manfaat sembako merupakan data baru hasil pendataan perangkat desa terbawah yang ditetapkan dalam musyawarah desa (termiskin dan disabilitas), tidak mengacu data Kemensos.

“Kami selaku kepala daerah sudah mulai merealisasikan program-program strategis bagi masyarakat yang ekonominya sangat rentan terdampak oleh pandemi virus Covid-19. Hari ini (kemarin) kita bagikan paket sembako untuk warga masyarakat yang terdata sebagai keluarga penerima manfaat (KPM) oleh Dinas Sosial Kabupaten Badung,” katanya.

Bantuan paket sembako berupa beras 25 kg, telor 1 krat, ayam frozen 1 kg, minyak goreng 2 liter, mie instan 30 bungkus, dan sayur satu paket. Sehingga secara keseluruhan bantuan tersebut senilai Rp 500.000.

Selain itu, penyaluran sembako oleh Pemkab Badung langsung ke rumah penerima dilakukan untuk menghindari terjadi kerumunan masyarakat. Hal ini sesuai dengan imbauan pemerintah pusat agar menghindari kerumunan orang dan tetap jaga jarak.

“Astungkara pembagian sembako tahap I secara serentak di 6 kecamatan pada hari ini (kemarin) berjalan lancar, aman, dan sukses. Masyarakat jangan lupa jaga kesehatan, kebersihan, dan biasakan cuci tangan dengan sabun maupun menggunakan masker saat beraktivitas di luar rumah,” ujar Bupati Giri Prasta.

Bupati Giri Prasta mengimbau warga Badung untuk tetap tenang menyikapi pandemi Covid-19. Karena Pemkab Badung selalu berusaha memberikan yang terbaik kepada masyarakat pada situasi dan kondisi seperti saat ini, dengan tetap mengacu pada regulasi dan peraturan yang berlaku. *asa

Komentar