nusabali

Wabup Minta Atensi Penduduk Pendatang

Pantau Sejumlah Posko Gotong Royong di Kecamatan Kuta

  • www.nusabali.com-wabup-minta-atensi-penduduk-pendatang

Atensi terhadap penduduk pendatang merupakan proteksi dini terhadap pencegahan penyebaran Covid-19. Wabup Suiasa juga imbau untuk tidak mudik.

MANGUPURA, NusaBali
Wakil Bupati Badung I Ketut Suiasa melakukan pemantauan sejumlah posko Satgas Gotong Royong (GR) pencegahan penyebaran virus Corona (Covid-19) di Kecamatan Kuta, Minggu (26/4) siang. Wabup Suiasa berharap Satgas GR mengatensi dan mendata penduduk pendatang di masing-masing wilayah. Hal ini sebagai salah satu proteksi dini terkait pencegahan penyebaran Covid-19 di wilayah Kuta.

Empat posko Satgas GR yang dipantau oleh Wabup Suiasa pada Minggu siang kemarin, yakni di Kelurahan Seminyak tepatnya Banjar Seminyak, Posko Kelurahan Legian yang berlokasi di Gedung Wisma Budaya, Posko Kelurahan Kuta, Posko Kelurahan Tuban yang berlokasi di LPD Tuban dan di Pura Kayangan Desa Adat Kelan, dan Posko Kelurahan Kedonganan yang berlokasi di Kantor Wantilan Palguna Pura Kedonganan. Selama pemantauan itu, Wabup Suiasa didampingi anggota DPRD Badung Dapil Kuta, I Gusti Anom Gumanti, I Nyoman Graha Wicaksana, AA Ngurah Sudiarsa, serta Camat Kuta I Nyoman Rudiarta.

“Kepada semua Satgas, tetap waspada dan tingkatkan kesiapsiagaan. Saya secara pribadi mengapresiasi atas peran serta dalam pencegahan Covid-19 ini,” ujarnya.

Wabup Suiasa berpesan, sebagai daerah pariwisata dengan penduduk yang heterogen, tentu banyak tantangan, utamanya keberadaan penduduk pendatang. Untuk itu, Satgas diharapkan bisa mengatensi dan mendata setiap penduduk pendatang yang ada di wilayahnya. “Bukan berarti kita anti terhadap penduduk pendatang. Tapi untuk mengetahui kejelasan keberadaan mereka, tinggal di mana, dengan siapa termasuk siapa yang menjamin sehingga kita tahu riwayat keberadaan mereka. Hal ini sangat penting guna mencegah penyebaran Covid-19 yang saat ini sedang mewabah,” tutur Wabup Suiasa.

Wabup Suiasa menekankan, peran petugas posko sangat penting dalam mendata setiap penduduk pendatang di masing-masing wilayah. “Peran seluruh petugas yang berjaga pada setiap pintu masuk wilayah kelurahan merupakan bukti nyata pengabdian dalam upaya mencegah penyebaran Covid-19. Jalankan seluruh prosedur pemeriksaan sesuai dengan SOP. Mudah-mudahan dengan upaya maksimal yang kita laksanakan, penyebaran Covid-19 dapat kita tekan semaksimal mungkin,” tandasnya.

Selain itu, Wabup Suiasa mengajak masyarakat untuk disiplin, yakni disiplin memakai masker, jaga jarak, tetap di rumah, tidak mudik, cuci tangan pakai sabun sesering mungkin, dan menjaga serta meningkatkan daya tahan tubuh merupakan kunci pencegahan terhadap penyebaran Covid-19. *dar

Komentar