nusabali

Susruta: Tak Sekedar Imbauan tapi Instruksi

Soal Pemakaian Masker di Denpasar

  • www.nusabali.com-susruta-tak-sekedar-imbauan-tapi-instruksi

DENPASAR, NusaBali
Anggota DPRD Kota Denpasar dari Fraksi Demokrat, AA Susruta Ngurah Putra menyoroti Pemkot Denpasar yang hanya mengimbau warganya untuk pemakaian masker.

Dengan hanya imbauan, membuat masyarakat masih banyak yang abai dengan pentingnya penggunaan masker. "Sekarang penegasannya pemerintah harus mengeluarkan surat instruksi untuk ditindaklanjuti oleh desa dan kelurahan. Jika hanya sekadar imbauan masyarakat juga cuek jadinya. Jadi pemerintah secepatnya perlu mengeluarkan surat instruksi agar desa dan kelurahan bisa tegas untuk mengambil tindakan kepada warga yang tidak melaksanakan instruksi tersebut," kata Susruta, Kamis (23/4).

Beberapa desa, kata dia, sudah berupaya melakukan aturan untuk melarang warganya ke luar maupun masuk desa tanpa menggunakan masker. Namun, itu mereka lakukan secara mandiri tanpa ada kewenangan pemerintah yang menaungi pergerakan mereka. Kata Susruta, desa dan kelurahan harusnya sebagai pelaksana instruksi namun kenyataannya saat ini mereka berjalan sendiri untuk mengantisipasi penyebaran Covid-19 di kawasan mereka masing-masing.

Menurutnya, pemerintah harusnya tegas, jika hanya beberapa desa yang melaksanakan penegasan itu juga tidak akan maksimal sementara desa/kelurahan lainnya tidak. "Lihat saja beberapa desa melaksanakan aturan sendiri sendiri, sedangkan tidak ada pemerintah mengeluarkan surat instruksi. Harusnya pemerintah keluarkan surat penegasan wajib pakai masker agar semua desa/kelurahan bisa melaksanakan serentak. Kalau ini kan ada yang melaksanakan ada yang tidak," ungkapnya.

Jadi, Susruta menginginkan pemerintah segera mengeluarkan surat instruksi. Sebab, sekarang positif Covid-19 semakin bertambah hingga mencapai 40 orang. Bahkan transmisi lokal juga sudah mulai naik. "Ini langkah antisipasi jangan sampai satu desa melaksanakan, desa lainnya tidak. Jadi, imbauan itu harus dilaksanakan seluruhnya masyarakat mengacu pada surat instruksi itu. Bukan seperti sekarang hanya sekedar imbauan statemen saja," imbuhnya. *mis

loading...

Komentar