nusabali

KPPA Lakukan Gerakan Berjarak

  • www.nusabali.com-kppa-lakukan-gerakan-berjarak

JAKARTA, NusaBali
Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (KPPA) melakukan gerakan Berjarak (Bersama Jaga Keluarga Kita) pada masa pandemi Covid-19.

Menurut Menteri PPPA I Gusti Ayu Bintang Darmawati, gerakan tersebut bekerjasama dengan Dinas PPPA di daerah dan pihak terkait lainnya. Sampai 21 April, gerakan tersebut telah dilaksanakan di 28 provinsi dan 378 kabupaten/kota.

"Fokus gerakan Berjarak adalah pencegahan dan penanganan terhadap kelompok yang rentan terdampak pandemi Covid 19 yakni perempuan, anak, lansia dan penyandang disabilitas," ujar Bintang saat live streaming di Gedung Graha BNPB, Jakarta, Rabu (22/4).

Bintang mengatakan, melalui gerakan Berjarak pula saat ini telah diketahui data terpilah berdasarkan jenis kelamin dan usia. Data tersebut diperoleh berkat kerjasama Dinas PPPA dan Dinas Kesehatan di daerah. Sampai 22 April ini, kaum perempuan yang masuk kategori Orang Dalam Pengawasan (ODP) 14.755.

Pasien Dalam Pengawasan (PDP) 4.254, positif dirawat 94 orang, 27 orang positif sembuh dan 41 orang meninggal. "Sementara anak yang masuk kategori ODP 6.744, PDP 991 orang, positif rawat 26 orang, positif sembuh 9 orang dan meninggal 6 orang," ucap Bintang.

Data tersebut, lanjut istri dari Menteri Koperasi dan UKM periode 2014-2019 AAGN Puspayoga ini, berasal dari 29 provinsi.

Dia berharap para kepala daerah dalam menangani pandemi Covid 19 melibatkan Dinas PPPA, begitupula dengan tim Gugus Tugas Covid 19 agar KPPA bisa mendapatkan data terpilih berdasarkan jenis kelamin dan usia.

Dalam kesempatan tersebut, Bintang mengajak para perempuan di tanah air untuk tetap semangat di masa pandemi. *k22

Komentar