nusabali

OPD Giliran Bawakan Camilan untuk PMI

  • www.nusabali.com-opd-giliran-bawakan-camilan-untuk-pmi

BANGLI, NusaBali
Ratusan Pekerja Migran Indonesia (PMI) asal Bangli menjalani karantina di hotel kawasan Kabupaten Badung.

Sejumlah organisasi perangkat daerah (OPD) di lingkungan Pemkab Bangli bergantian bawakan camilan untuk PMI. Salah satunya Dinas Koperasi UKM, Tenaga Kerja dan Transmigrasi Bangli. Kepala Dinas Koperasi UKM, Tenaga Kerja dan Transmigrasi Bangli, Ni Luh Ketut Wardani, mengatakan pegawai di lingkungan Dinas Koperasi urunan dana untuk pengadaan camilan bagi PMI. Camilan yang diberikan yakni jaja klepon, ada pula jambu mutiara. “Makanan tersebut kami titipkan ke Dinas Sosial yang bertugas mendistribusikan logistik,” ungkap Luh Ketut Wardani, Selasa (21/4).

Menurut Luh Ketut Wardani, sebelumnya Dinas Pertanian Ketahanan Pangan dan Perikanan (PKP) Bangli juga mensuplay buah jeruk untuk para PMI. Diakui tidak ada keharusan OPD menyiapkan makanan untuk PMI. “Makanan PMI sudah disiapkan di tempat karantina. Kami berikan untuk tambahan saja,” ujarnya. Diakui, bisa pesan makanan secara online, namun bisa menimbulkan akses lebih banyak. “Mobilitas pengantar makanan jadi ramai. Tentu menimbulkan perasaan tidak enak, terlebih karantina dilaksanakan di kabupaten tetangga,” imbuhnya.

Luh Ketut Wardani mengaku masih melakukan pendataan jumlah PMI dengan menggandeng pemerintah desa. “Masing-masing desa melaporkan warganya yang bekerja ke luar negeri. Sampai saat ini masih pendataan, jumlah PMI masih terus bergerak,” terangnya. Data yang masuk baru dari 43 desa per tanggal 20 April sebanyak 1.093 PMI. Sudah kembali 489 orang. “Desa yang sudah melaporkan data juga masih ada perbaharuan data. Jumlah PMI cukup tinggi,” imbuh mantan Kabag Ekonomi Setda Bangli ini. *esa

Komentar