nusabali

Kotoran Resahkan Pedagang di Kerta Gosa

  • www.nusabali.com-kotoran-resahkan-pedagang-di-kerta-gosa

Sejumlah pedagang di areal parkir objek wisata Kerta Gosa, Klungkung, diresahkan merebaknya bau tak sedap.

SEMARAPURA, NusaBali

Bau itu diduga bersumber dari kotoran binatang atau kotoran yang dilempar oleh oknum tak bertanggung jawab. Hal itu diakui Ni Wayan Saleni, pedagang lukisan wayang kamasan di areal setempat. Selain diganggu aroma tak sedap, pengunjung yang mampir ke tempat jualannya juga menjauh. “Baunya sangat menyengat,” keluh Saleni, saat ditemui Senin (29/8).

Dalam kesempatan itu, ia menunjukkan sejumlah titik kotoran yang dilempari oleh oknum. Diantaranya di sisi barat tempat dia berjualan dengan jarak sekitar 3 meter. Bahkan bercak kotoran tersebut masih menempel di tembok. Kata dia, kasus ini sudah terjadi sejak 3 Minggu lalu, kasus teranyar muncul pada Sabtu (27/8) lalu. Kotoran itu dibungkus dengan plastik, kemudian dilempar pada pagi buta. “Bagitu saya membuka warung di pagi hari, kotoran itu sudah merebak,” tuturnya pedagang sejak puluhan tahun ini.

Pedagang asal Dusun Pau, Desa Tihingan, Kecamatan Banjarangkan, Klungkung ini, mengaku sudah menyampaikan persoalan tersebut kepada pecalang setempat, tepatnya di Lingkungan Mergan, Kelurahan Semarapura Klod Kangin, Klungkung. Pecalang itu kebetulan meninjau di areal tersebut pada Senin sekitar pukul 10.00 Wita. Kata Saleni, untuk sementara pihak pecalang mengusulkan supaya berkoordinasi dengan instansi terkait agar memindahkan tong sampah di areal lokasi agar ke tempat yang lebih strategis. “Kalau tong sampah ini memang sudah ada sekitar 3 bulan lalu,” katanya. Untuk memberikan aroma wangi, Saleni menyalakan dupa sepanjang warungnya buka.

Dikonfirmasi terpisah, Kepala Lingkungan (Kaling) Mergan, Anak Agung Sayang Adnyana, tidak menampik kondisi tersebut. Pihaknya juga sudah turun ke lokasi, serta menyampaikan persoalan ini kepada Lurah Semarapura Klod Kangin. Setelah di cek diduga kuat itu kotoran manusia. Hanya saja dia belum bisa memastikan apa motif dari pelaku. Namun dia mengusulkan agar tong sampah di areal tersebut dipindahkan ke tempat lain yang lebih strategis. “Karena di sana ada tempat sampah, kemungkinan saja yang bersangkutan bermaksud membuang di sana,” ujarnya.

Tempat parkir obyek Wisata Kerta Gosa, memang cukup ramai dijejali mobil parkir bagi wisatawan. Bahkan menjadi salah satu akses menuju Pasar Semarapura Klungkung, yang masuk dalam program city tour (kota wisata). Wakil Bupati Klungkung I Made Kasta, bakal mengerahkan Sat Pol PP untuk mengecek ke lokasi. “Nanti akan segera di cek,” ujarnya. * wa

Komentar